Header Ads

Dinkes Kabupaten Bekasi Buka Layanan Pelaporan Keracunan Chiki Ngebul

Dinkes Kabupaten Bekasi Buka Layanan Pelaporan Keracunan Chiki Ngebul

WajahBekasi.Com - Pemerintah Kabupaten Bekasi mengantisipasi insiden keracunan makanan pada jajanan chiki ngebul atau chikbul yang digemari anak-anak. Jajanan tersebut menggunakan nitrogen cair atau LN2 dalam penyajiannya sehingga menimbulkan efek berasap atau ngebul.

"Pemerintah pusat menetapkan kasus keracunan makanan ini sebagai kejadian luar biasa, maka kami segera lakukan langkah antisipasi," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Alamsyah di Cikarang, Senin, 9 Januari 2022 dikutip dari Antara.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi menerbitkan surat edaran bernomor KS.02.02.00714/DINKES/2022 tentang pelaporan kasus kedaruratan medis dalam penggunaan nitrogen cair pada makanan.

Alamsyah mengatakan edaran ini menindaklanjuti surat Kementerian Kesehatan RI, SR:01.07/111.5/67/2023 tanggal 3 Januari 2023, perihal kedaruratan medis dalam penggunaan nitrogen cair pada makanan.

Dia menjelaskan kejadian luar biasa ini diawali konsumsi jajanan pasar chiki ngebul atau chikbul yang mengakibatkan kasus keracunan khususnya pada anak.

Dinkes Kabupaten Bekasi Buka Layanan Pelaporan Keracunan Chiki Ngebul



Pihaknya merespon dengan menjalankan fungsi pelaporan serta pemantauan terhadap kemungkinan terjadi kasus serupa di wilayah Kabupaten Bekasi.

Seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bekasi diminta untuk melaporkan apabila terdapat temuan kasus keracunan pangan chikbul tersebut.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi membuka layanan pelaporan melalui Tim Surveilans di nomor 085817417568 (Andi Suhandi) atau Tim Kerja Pelayanan Rujukan Lain Dinkes Kabupaten Bekasi di nomor 0821116888973 (Ece Sucipto - metro.tempo.co).