Header Ads

Pj Bupati Bekasi Resmi Lepas Aset PDAM Tirta Bhagasasi kepada Pemkot Bekasi

Pj Bupati Bekasi Resmi Lepas Aset PDAM Tirta Bhagasasi kepada Pemkot Bekasi

WajahBekasi.Com - Pemerintah Kabupaten Bekasi resmi menjadi pemilik tunggal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi.

Hal itu resmi berlaku usai penandatanganan pengakhiran kerja sama antara Pemerintah Kabupaten dan Kota Bekasi. di Nuanza Hotel, Cikarang Selatan, Kamis, 8 Desember 2022.

“Saya juga meminta kepada jajaran direksi PDAM Tirta Bhagasasi, dibantu oleh pengawas, agar lebih optimal dalam memperluas cakupan dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat,” ujar Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Pemerintah Kabupaten dan Kota Bekasi resmi mengakhiri kesepakatan kerja sama dan pengelolaan PDAM Tirta Bhagasasi. Dengan berakhirnya kesepakatan tersebut, PDAM Tirta Bhagasasi sepenuhnya bakal dimiliki Kabupaten Bekasi.

Dalam pengakhiran kerja sama ini, Pemkab Bekasi bersedia melepaskan seluruh asetnya yang berada di wilayah Kota Bekasi. Aset tersebut meliputi pipanisasi sambungan air, gedung perkantoran, karyawan hingga pelanggan. Pada kesepakatan ini, seluruh aset tersebut diserahkan pada Pemkot Bekasi dengan nilai Rp 155 miliar yang dibayarkan pada pemkab sebagai bentuk kompensasi.

Hanya saja, Pemkot Bekasi belum dapat menyanggupi pembayaran kompensasi tersebut dalam waktu dekat. Diperkirakan, pembayaran baru bisa dilakukan pada APBD 2024 secara bertahap.

Dani menyebutkan, banyak hal positif dari kepemilikan tunggal PDAM Tirta Bhagasasi oleh Pemkab Bekasi.

Di antaranya, manajemen akan lebih mandiri dan otonom, sehingga lebih mudah dalam mengambil keputusan. Selain itu PDAM Tirta Bhagasasi akan lebih fokus dalam melayani pelanggan.

“Kalau sebelumnya kita melayani pelanggan di dua wilayah, maka sekarang akan lebih fokus kepada pelanggan di wilayah Kabupaten Bekasi,” terangnya. (Adika F Utomo - pojoksatu.id)