Header Ads

Cara Memulai Membuat Website dengan Wordpress

Cara Memulai Membuat Website dengan Wordpress

Buat yang baru akan membuat website, salah satu cara membuat website paling cepat adalah menggunakan CMS. CMS adalah Content Management System, perangkat lunak yang membantu siapapun membuat website dengan mudah dan cepat tanpa memerlukan keahlian khusus. Salah satu CMS paling populer dan paling banyak digunakan di dunia adalah WordPress. WordPress pertama kali diperkenalkan pada 27 Mei 2003, WordPress saat ini menjadi CMS yang memiliki pengguna terbanyak di dunia maya.

Pada tahun 2003, Matt Mullenweg dan Mike Little membuat WordPress sebagai CMS pembuat website yang bersifat online serta opensource dengan menggunakan dasar bahasa program PHP dan MySQL.

WordPress juga tidak hanya digunakan oleh orang-orang biasa dan blogger saja, tapi banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan WordPress sebagai platform untuk website profesional mereka.

Membuat website dengan menggunakan WordPress juga tidak sulit. Terlebih sekarang sudah banyak tutorial cara membuat website WordPress yang berserakan di Youtube ataupun internet.

Berikut akan kami jelaskan sedikit awal bagaimana cara membuat WordPress secara cepat.

Beli Domain sesuai nama yang diinginkan & Hosting

Langkah pertama membuat WordPress adalah dengan membeli domain sesuai nama atau alamat website yang diinginkan dan hosting. Anda tentunya bisa memilih secara bebas nama yang diinginkan untuk situs web Anda. Tentunya sesuai dengan nama bidang usaha dan yang mudah diingat.

Idealnya nama situs web yang digunakan berhubungan dengan nama organisasi atau kata kunci yang berkaitan dengan usaha yang ingin Anda bangun di website tersebut, dengan ditambah beberapa kata pembeda yang unik.

Setelah menemukan nama alamat domain, Anda tinggal membeli nama domain dan juga hosting di penyedia jasa servis domain dan hosting yang banyak tersedia. Ada juga banyak penyedia jasa yang bisa menjualnya bersama paket hosting. Sebaiknya domain dan hosting dibeli dari satu perusahaan jasa saja, akan merepotkan kalau berbeda, disarankan juga membeli paket yang sesuai dengan kebutuhan.

Memulai WordPress

Cara membuat WordPress yang kedua adalah dengan menginstal dan mengatur situs WordPress Anda. Anda dapat masuk ke panel pengguna hosting atau melalui WordPress jika dengan membuka www.NAMADOMAINANDA.com/wp-admin/

Pada tahap ini, Anda akan mengatur beberapa setelan dasar untuk memulai WordPress yang akan berhubungan dengan struktur website dan kemudahan penggunaan selanjutnya.

a) Tautan permanen

Tautan permanen menentukan bentuk unik setiap alamat halaman website atau URL (Uniform Resource Locator) di situs Anda. Uniform Resource Locator (URL) juga dikenal sebagai Lokator Sumber Seragam (LSS).

Contoh struktur URL yang paling sering digunakan adalah sesuai judul halaman. Misalnya, halaman "tentang web ini" pada situs Anda akan beralamat di NAMADOMAINANDA.com/tentang.

Untuk mengatur UL atau permalink Anda, buka Pengaturan → Permalink dari sidebar menu utama di dasbor Wordpress Anda

Untuk mengatur UL atau permalink Anda, buka Pengaturan → Permalink dari sidebar menu utama di dasbor Wordpress Anda.

b) Membuat situs menjadi publik

Agar website dapat terindeks Google dan search engine lainnya dapat mengindeks situs maka, buka Settings → Reading, dan pastikan bahwa kotak berlabel "Discourage search engines ..." tidak dicentang.

c) Berikan judul dan tagline situs

Buka Settings → General dan setel bidang Site Title dan Tagline sesuai keinginan Anda.

Judul dan tagline Anda mungkin akan muncul di berbagai tempat di seluruh situs. Beberapa tema WordPress menampilkan tema tersebut di beranda dan dalam deskripsi SEO, yang digunakan Google saat mencantumkan situs web Anda di halaman hasil.

Tagline atau slogan tersebut opsional, jadi Anda dapat mengosongkannya jika Anda belum memikirkan slogan untuk situs Anda.

d) Kolom Komentar

Apakah Anda ingin menerima komentar di situs Anda atau tidak, itu terserah Anda.

Di satu sisi, membiarkan pembaca meninggalkan opini dan pertanyaan mereka di bawah artikel / halaman Anda dapat menjadi cara yang bagus untuk membangun komunitas di situs web. Namun, di sisi lain, Anda juga akan sibuk menangani spam dan memastikan tidak ada trolling.

Apakah Anda akhirnya akan mengizinkan atau menonaktifkan komentar, itu dapat dilakukan di Settings → Discussion.

e) Zona waktu

Mengatur zona waktu Anda dengan benar akan membuat penerbitan halaman dan posting baru lebih dapat diprediksi. Umumnya, Anda tinggal memilih apakah menetapkan zona waktu baik di mana Anda berada atau di mana target audiens Anda berada.

Anda dapat mengatur zona waktu di Settings → General.


Pilih Tampilan Desain Wordpress

Selanjutnya adalah menentukan tampilan desain situs web. Dengan menggunakan WordPress aAnda bebas mengubah tampilan desain dengan cepat dan mudah hanya dengan sekali klik.

Berikut cara mengubah desain tampilan web Wordpress:

a) Pilih tema

Seperti yang saya sebutkan, tema WordPress adalah paket desain out-the-box yang menentukan tampilan situs web Anda. Anda dapat menginstalnya dengan cepat dan kemudian mengubahnya di masa mendatang jika perlu.

Dengan mengubah desain Anda tidak akan mengubah isi website Anda tetapi hanya mengubah tampilan desain tema wordpress.

Ada banyak sekali tema WordPress tersedia. Pada direktori resmi di WordPress.org, ada ratusan tema yang gratis maupun versi berbayar.

b) Memasang tema

Jika tema yang Anda pilih tersedia di direktori resmi di WordPress.org, maka Anda tinggal menginstalnya Berikut cara pemasangan tema:
  1. Buka Appearance - Themes/tema dari dashboard dan klik "Add New".
  2. Dari sini, pilih tema atau masukkan nama tema yang Anda inginkan
  3. Kemudian klik tombol “Install” di bawah tema yang pilih
  4. Tunggu sampai tema baru terpasang. Untuk mengaktifkan tema klik tombol "Activate" yang akan muncul menggantikan tombol "Install".

c) Kustomasi tema

Meskipun tampilan luar kotak dari tema Anda mungkin sudah cukup bagus, Anda masih harus melakukan beberapa penyesuaian dasar agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk memulai, buka Appearance lalu pilih Customize. Anda akan menemukan tampilan WordPress Customizer. Di menu ini, Anda dapat menyesuaikan detail tampilan website. Kita akan mulai dengan Halaman Depan, karena itu adalah bagian yang akan pertama tampil saat seseorang membuak web Anda..

Mengatur Halaman Depan

Langkahnya yaitu:
  1. Di menu samping, pilih "Homepage Settings".
  2. Pilih, " A static page " di bawah pengaturan tampilan halaman depan.
  3. Klik "Add New", untuk membuat halaman baru yang akan berfungsi sebagai halaman depan.
  4. Masukkan nama untuk halaman, misalnya "Depan", lalu klik "Add".

Kemudian, ubah judul utama di halaman. Di sini sebaiknya mencantumkan nama organisasi atau bisnis Anda atau kata kunciyang berhubungan dengan web Anda.

Untuk melakukannya, klik ikon pensil di samping judul web.

Tunggu sampai panel penyesuaian muncul di sebelah kiri layar.
Di bagian ini, Anda dapat:
  1. mengganti gambarbackground - gunakan gambar yang berhubungan dengan organisasi atau brand
  2. mengubah judul
  3. mengubah kata-kata di bawah judul - Anda dapat juga menghapusnya (opsional)
  4. mengubah kata pada tombol menu - umumnya menu yang mengarahkan ke halaman tertentu di website
Saat sudah selesai menyesuaikan halaman depan, lalu klik tombol “Publish” di bagian atas untuk menerapkan kustomasi yang Anda lakukan.

Menyesuaikan jenis huruf

Selanjutnya adalah memilih huruf atau tipografi yang digunakan pada website, yaitu huruf yang akan digunakan pada seluruh situs.

Buka menu Appearance Settings lalu pilih Typography dari menu WordPress Customizer. Di sini, Anda dapat memilih huruf sesuai dengan yang Anda inginkan dan dapat langsung melihatnya di web Anda.

Warna

Selain desain, tema baru Anda dapat menggunakan pilihan warna yang menentukan warna dominan oada beberapa bagian website. Anda bisa mengatur pilihan warna ini di bagian WordPress Customizer. Klik warna di menu utama lalu pilih warna yang Anda inginkan.

Demikian cara untuk memulai membuat website dengan Wordpress.