Header Ads

Tanah Amblas Membuat Ambruk Rumah Warga Bekasi, Penghuni Terpaksa Mengungsi

Tanah Amblas Membuat Ambruk Rumah Warga Bekasi, Penghuni Terpaksa Mengungsi


WajahBekasi.Com - Luapan Kali Cikarang memicu tanah ambles di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tanah ambles sepanjang 60 meter berdampak terhadap rumah warga. Akibatnya, warga mengungsi lantaran kondisi tanah yang terus bergerak.

Berdasarkan pengamatan media di lokasi Kampung Kali Jeruk RT 002/005, Desa Kalijaya, hari ini, rumah yang terdampak tanah ambles berada tepat di pinggir Kali Cikarang. Tanah amblas sedalam 20-50 sentimeter ini memicu kerusakan di bagian depan rumah.

"Kejadian sekitar pukul 14.30 WIB. Ada suara dari atas plafon, ketika saya periksa ternyata internit pada jatuh, ketika saya keluar suara tembok kaya bergerak mau roboh di bagian depan,"ujar Iyan pujianto (45) asik ipar pemilik rumah saat ditemui MPI, Selasa (15/11/2022).

Iyan menyebutkan, sebelum rumah tersebut ambruk, dia bersama warga setempat berinisiatif mengevakuasi barang-barang berharga yang berada di dalamnya. Pasalnya, saat kejadian pemiliknya tidak berada di rumah.

"Habis itu saya manggilin warga untuk keluarin barang-barang yang ada di dalam. Pas saya lagi bongkar instalasi listrik rumah ini langsung ambruk," tuturnya.

Kepala Desa Kalijaya Dede Sulaiman mengatakan, kondisi tanah amblas di bantaran Kali tersebut labil akibat debit air yang mengalir kencang sehingga mengakibatkan rumah tersebut ambruk.

"Air kali kan sangat menghawatirkan apa lagi kalau air kali lagi naik seperti ini jadi menyebabkan ambruk," kata Dede, Selasa (15/11/2022).

Beruntung tidak ada korban jiwa. Sementara pemilik rumah yang terdapat dari empat kepala keluarga itu diungsikan di tempat yang lebih aman.

(erh - okezone.com)