Header Ads

SDIT ISKANDAR MUDA GELAR PEKAN MARKET DAY

Tambun Utara - wajahbekasi.com, Banyak kegiatan sebagai alternatif mengisi sebelum  semester atau jeda semester bagi para siswa di berbagai jenjang pendidikan. Salah satunya adalah pekan market day. Kegiatan ini berupa belajar menjual berbagai hasil karya siswa utamanya dalam hal kreasi makanan dan minuman sehat yang merupakan produk dari wali siswa dan siswa itu sendiri. 

Pekan Market day  SDIT Iskandar Muda mendidik anak mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus penguatan karakter siswa. Seperti dilakukan para siswa SDIT ISKANDAR MUDA Tambun Utara . Kegiatan tersebut guna mengisi Kegiatan Akhir  semester dan diikuti seluruh siswa kelas I-VI.


 Dalam kegiatan ini, sejumlah 7 siswa yang diambil dari perwakilan kelas I-VI bertugas sebagai penjual sedangkan siswa yang lain sebagai pembeli.

Ust H Sandi Iskandar Muda MM menjelaskan, market day merupakan salah satu contoh aplikasi pendidikan terinstegrasi pendidikan kewirausahaan yang melibatkan semua peserta didik dalam proses produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan produksi adalah dengan memberikan tanggung jawab kepada siswa berdasarkan kelas secara bergantian untuk membuat produk yang memiliki nilai dan bermanfaat bagi seluruh civitas academi sekolah. Untuk itu, siswa diminta untuk menjual produknya (distribusi). Sedangkan siswa yang lain, termasuk para guru bertanggung jawab sebagai konsumen (pembeli). 

Kegiatan market day bisa dilakukan secara mandiri (memproduksi barang sendiri) atau secara klasikal (memproduksi barang dengan berkelompok) sesuai minat siswa dan produk yang akan dijual

Dijelaskan oleh Kepala SDIT ISKANDAR MUDA Ust Teguh Hipratomo  ,S.Pd, kegiatan market day diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan dan aplikasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Berbagai karakter siswa juga dapat ditumbuhkan dari kegiatan market day ini. Di antaranya, karakter jujur, mandiri, kreatif, bekerja keras, pantang menyerah, teliti dan gotong-royong. Selain itu, kegiatan pekan  market day ini sebagai wujud implementasi dari pembelajaran dikelas 6 tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) subtema 3 (Usaha Pelestarian Lingkungan) IPS KD 3.3 dan 4.3 tentang peran ekonomi dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat.( Are)