Header Ads

camat tambun Utara apresiasi pemasangan EWS di wilayah bantaran kali Bekasi



Tambun Utara - wajahbekasi.com, bpbdkab bekasi Siaga banjir menghadapi musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Telah memasang beberapa alat Early Warning System (EWS) bencana banjir di beberapa titik di Sungai Kabupaten Bekasi, Selasa(08/11). 

Alat EWS yang dipasang tersebut langsung terkoneksi dengan alarm peringatan bencana di 8 pemukiman/kantor Desa serta terkoneksi langsung ke kantor BPBD, sehingga penanganan siaga bencana bisa langsung ditangani oleh petugas, dan meminimalisir kerugian harta benda. 


Kemudian alat akan menunjukan warna siaga, jika memasuki warna kuning maka siaga 3, warna biru siaga 2 dan warna merah siaga 1. Makin tinggi permukaan nanti, maka akan semakin nyaring bunyinya. 

Selain itu, masyarakat bisa melaporkan melalui aplikasi BERANI, bisa didownload di Playstore untuk Android dan Appstore untuk pengguna Iphone, Aplikasi BERANI juga terhubung ke Alat EWS. 

Najmudin Sag M Ling camat tambun Utara sangat mengapresiasi dengan dipasang nya alat EWS ini " Banjir kadang datang tanpa kita duga-duga bahkan warga khususnya yang bertempat tinggal di bantaran kali Bekasi kadang belum siap datang nya banjir sehingga banjir yang hampir setahun dua sampai tiga kali datang banyak memakan kerugian harta benda karena lambatnya info yang di dapat namun saya merasa gembira dan berbesar hati ketika alat ini bisa di pakai dan di gunakan sebagai mana mestinya .

 semoga alat ini bermanfaat minimal sebagai salah satu solusi untuk mencegah kerugian yang di akibatkan oleh banjir kiriman ,saya berterimakasih kepada BPBD kab Bekasi dan FPRB kecamatan tambun Utara yang sudah mengupayakan pemasangan EWS ini, ( are)