Header Ads

Sengketa Belum Selesai, Warga Kembali Tutup Gerbang Tol Jatikarya Bekasi

Sengketa Belum Selesai, Warga Kembali Tutup Gerbang Tol Jatikarya Bekasi

WajahBekasi.Com - Sejumlah warga masuk ke ruas jalan tol sebelum Gerbang Tol (GT) Jatikarya, Bekasi, sore ini. Imbasnya, lalu lintas di lokasi sempat mengalami kemacetan.

"Jadi itu benar warga sudah masuk ke jalan tol. Mereka menutup gerbang Jatikarya," kata Kasat PJR Korlantas Polri AKP Budi, saat dihubungi pada pukul 15.03 WIB, Kamis (6/10/2022).

Budi mengatakan warga yang menutup ruas jalan tol tersebut merupakan pihak yang tengah bersengketa dengan pengelola tol. Awalnya mereka hanya berada di pinggir jalan tol.

Namun, sejak pukul 14.30 WIB, warga mulai merangsek masuk ke dalam jalan tol dan melakukan penutupan. Imbasnya, lalu lintas di lokasi mengalami kemacetan.

"Macet, ditutup, nggak boleh jalan sama warga. Anggota bilang warga sudah masuk ke jalan tol. Permasalahannya itu sengketa tanah sama pengelola," katanya.

Hingga saat ini penutupan GT Jatikarya itu masih berlangsung. Jajaran Polres Metro Bekasi Kota telah berada di lokasi.

Budi menyebut pihaknya pun telah memberlakukan kebijakan lalu lintas imbas penutupan GT Jatikarya saat ini.

"Kebijakan lalinnya yang dari arah Cimanggis kita luruskan ke keluar Cibubur. Kita alihkan keluar Cibubur," ujar Budi.

Pada pukul 15.37 WIB, kemacetan di lokasi sudah dapat diurai. Polisi telah melakukan pengalihan lalu lintas di ruas tersebut.

"Situasi terakhir mobil dah kosong nggak ada kemacetan. Namun yang mau keluar Jatikarya kita arahkan keluar Cibubur," pungkas dia.

Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Jagorawi AKP Budi menjelaskan bahwa penutupan akses tol itu dimulai sejak pukul 14.00 WIB. "Benar itu (warga menutup akses tol). Karena mungkin belum dibayar tuntutan yang kemarin belum selesai. Ditutup mulai tadi sekitar pukul 14.00 WIB," ujar Budi saat dihubungi, Kamis sore.

Budi menuturkan bahwa penutupan sempat membuat akses jalan tol menjadi macet. Untuk menghindari penumpukan kendaraan, polisi mengalihkan arus kendaraan untuk keluar tol di Gerbang Tol Cibubur. "Sementara mobil saya alihkan keluar ke Cibubur. Dari arah Jakarta pun saya putarbalikkan di Tol Cimanggis," ujar Budi.

Budi memastikan tidak ada bentrokan dalam penutupan tol tersebut. Petugas kepolisian dari Polres Metro Bekasi Kota diterjunkan untuk menjaga situasi agar kondusif. 

"Enggak ada (bentrok) masyarakat hanya tutup saja, itu masalah pengelola sama warga. Enggak ada ribut kok mereka (polisi dan warga)," pungkas Budi.


(ygs/mae - detiknews)