Header Ads

Ini Titik Operasi Zebra di Kabupaten Bekasi dan 14 Jenis Pelanggaran yang Akan Ditilang

Operasi Zebra Dimulai Besok, Ini Titik Operasi di Kabupaten Bekasi dan 14 Jenis Pelanggaran yang Akan Ditilang

WajahBekasi.Com - Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Kompol Arga Dija Putra menuturkan ada beberapa wilayah di Kabupaten Bekasi yang akan menjadi titik Operasi Zebra. Beberapa yang menjadi titik fokus antara lain di Jalan RE Martadinata hingga Jalan Raya Cikarang-Cibarusah. 

"Dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi, namun beberapa target operasi yang kami tentukan di Jalan RE Martadinata, Urip Sumoharjo, dan Jalan Raya Cikarang-Cibarusah," kata Dirga saat dikonfirmasi, Minggu (2/10/2022). 

Adapun kegiatan operasi zebra tersebut akan digelar setiap hari, mulai pagi hingga sore hari.

Dirga mengatakan bahwa dalam operasi zebra yang digelar di Kabupaten Bekasi, tilang masih bersifat manual dan belum melalui tilang elektronik (E-TLE). Hal ini dikarenakan belum siapnya fasilitas E-TLE yang ada di Kabupaten Bekasi. 

"Belum (siap fasilitas E-TLE). Untuk operasi tahun ini, sebatas tilang teguran. Ada surat tegurannya," tutur Arga. 

Kendati demikian, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menilang pengendara yang dianggap membahayakan kendaraan lain. Selain itu, lanjut Arga, pihaknya juga akan terus mensosialisasikan terkait kegiatan operasi zebra yang digelar sejak tanggal 3-16 Oktober 2022. 

"Tentu yang akan kami lakukan adalah kegiatan preventif dan preemtif. Kami lakukan sosialisasi, pemasangan spanduk, imbauan di videotron terkait tertib berlalu lintas, seperti itu lah kegiatan yang akan kami lakukan," pungkas dia.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengungkapkan bahwa Operasi Zebra 2022 yang siap digelar pada 3-16 Oktober 2022 secara serentak, sepenuhnya akan menerapkan tilang eletrkonik. 

Namun pada beberapa ruas jalan yang belum memiliki fasilitas tersebut, masih akan diterjunkan tim untuk memastikan pengguna kendaraan tertib dalam berlalu lintas. 

Tapi, menilang atau tidak menjadi tujuan utama. Menurut Firman dalam Operasi Zebra 2022, kepolisian di masing-masing wilayah akan melakukan penindakan yang berbeda sesuai kondisi lapangan untuk menghilangkan citra bahwa polisi menakutkan. 

"Tujuan kami bukan menilang orang di jalan," ujar Firman.

Operasi Zebra Dimulai Besok, Ini Titik Operasi di Kabupaten Bekasi dan 14 Jenis Pelanggaran yang Akan Ditilang

14 Pelanggaran Lalu Lintas yang Bakal Kena Tilang

Adapun sasaran pelanggaran lalu lintas fokus Operasi Zebra 2022 bukan cuma persoalan atribut berkendara. Melainkan juga melawan arus, hingga menggunakan hp saat mengemudi. Supaya kamu tidak kena tilang, berikut daftar potensi tilang dari operazi Zebra 2022, dikutip dari TMC Polda Metro Jaya:

  1. Melawan Arus, Pasal 287 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Sanksi denda paling banyak Rp 500 ribu.
  2. Berkendara di Bawah Pengaruh Alkohol, Pasal 293 UU LLAJ. Sanksi denda paling banyak Rp 750 ribu.
  3. Menggunakan HP saat Mengemudi, Pasal 283 UU LLAJ. Sanksi denda paling banyak Rp 750 ribu.
  4. Tidak Menggunakan Helm SNI, Pasal 291. Sanksi denda paling banyak Rp 250 ribu
  5. Mengemudikan Kendaraan Tanpa Sabuk Pengaman, Pasal 289. Sanksi denda paling banyak Rp 250 ribu
  6. Melebihi Batas Kecepatan, Pasal 287 Ayat 5. Sanksi denda paling banyak Rp 500 ribu
  7. Berkendara di Bawah Umur, Tidak memiliki SIM, Pasal 281. Sanksi denda paling banyak Rp 1 juta
  8. Kendaraan Roda Dua yang Tidak Dilengkapi Perlengkapan Standar, Pasal 285 ayat 1. Sanksi denda paling banyak Rp 250 ribu
  9. Kendaraan Bermotor Roda Empat atau lebih yang Tidak Memenuhi Persyaratan Layak Jalan, Pasal 286. Sanksi denda maksimal Rp 500 ribu
  10. Sepeda motor berboncengan lebih dari dua orang, Pasal 292. Sanksi denda paling banyak Rp 250 ribu
  11. Kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi STNK, Pasal 288. Sanksi paling banyak Rp 500 ribu
  12. Melanggar Bahu Jalan, Pasal 287. Sanksi denda paling banyak Rp 750 ribu
  13. Kendaraan Bermotor yang Memasang Rotator atau Sirene yang Bukan Peruntukannya Khusus Pelat Hitam, Pasal 287 ayat (24). Sanksi kurungan paling lama 1 bulan atau denda maksimal Rp 250 ribu
  14. Penertiban kendaraan yang memakai pelat rahasia/pelat dinas