Header Ads

Kumbara Pamerkan 50 Garuda dalam Milad Ke-11 dan Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Kumbara Pamerkan 50 Garuda dalam Milad Ke-11 dan Peringati Hari Kesaktian Pancasila

WajahBekasi.Com - Komunitas Kumpulan Barang Antik Nusantara atau biasa disingkat Kumbara mengadakan milad yang ke 11 tahun dan memperingati Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Multi Guna Kota Bekasi, Jawa Barat. Sabtu, 1 Oktober 2022.

Komunitas Kumbara adalah komunitas para penggemar juga penghobi barang barang antik yang ingin benda benda antik peninggalan sejarah dan budaya tetap lestari di nusantara.  

Acara milad ke-11 berlangsung meriah melibatkan banyak komunitas se-Jabotabek, komunitas dan hadirin bahkan ada yang datang dari Garut, Bandung, Majalengka, Tasikmalaya, Kuningan, Cirebon, Purwakarta, Bumiayu,Purwokerto dan lain-lain. 

Dalam acara tersebut juga dipamerkan 50  Garuda Pancasila berikut keterangan perjalannya menjadi lambang Negara Republik Indonesia. 

Kumbara Pamerkan 50 Garuda dalam Milad Ke-11 dan Peringati Hari Kesaktian Pancasila
 Foto by: Agus Sutisna 

Remon selaku ketua panitia yang juga ketua Kelompok Penyanyi Jalanan Bekasi (KPJ) menjelaskan maksud dari acara tersebut adalah untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai simbol negara. 

"Kita berkumpul lebih menjalin silahturahmi karya seni dan budaya lewat langkah dan karya untuk menjadi kekuatan, tujuannya supaya generasi selanjutnya dapat lebih mengenal kebhhinekaan, keberagaman benda antik peninggalan para leluruh, seperti keris, badik, tosan aji, batu-batu antik nusantara, lukisan, dan lain-lain," ungkap Remon kepada media.

Remon berharap ke depannya Kota Bekasi menjadi kota yang penuh makna bagi semua orang selain slogan Kota Patriot Kota Pejuang, semua dapat berperan di bidangnya masing masing untuk mewujudkan Kota BEkasi menjadi kota seni dan budaya.

Sedangkan Ketua Kumbara, Kandar menjelaskan bahwa acara ini juga sifatnya edukasi kepada teman-teman dan masyarakat umum.

"Semoga kita lebih menghargai dan juga ikut melestarikan peninggalan sejarah seni dan budaya serta mengedukasi generasi muda tentang kekayaan warisan budaya nusantara. Kegiatan ini juga dalam rangka menumbuhkan serta memperkokoh persatuan dan kesatuan. Besar harapan kami kepada Pemerintahan Kota Bekasi agar dapat memfasilitasi adanya Pasar Barang Antik di Kota Bekasi," ungkap Kandar.

Acara ini dikemas sangat menarik dan unik. Menghadirkan Bang Jiung yang terkenal dengan jurus Si Golok Terbang yang menampilkan seni bela diri dengan diiringi lagu-lagu oleh Remon dan kawan kawan. Aksi ini menjadi perhatian tersendiri bagi pengunjung. 

Kumbara Pamerkan 50 Garuda dalam Milad Ke-11 dan Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Selain itu turut tampil pula pertunjukan seni Karinding dari Paguyuban Budaya Bogor yang cukup menghibur. Turut serta Band Sambel Gowang dengan gayanya ala ala almarhum Bang Benyamin membuat masyarakat yang menonton turut terhibur tertawa gembira larut dalam suasana yang penuh dengan keakraban. 

Bang Uuz dari Bantar Gebang seorang pengunjung pun berharap semoga acara seperti ini bisa terus ada di tiap akhir pekan. 

"Ya semoga kegiatan seni seperti ini selalu ada di Bekasi, karena akan menjadi hiburan tersendiri bagi warga," tutup Uuz. [ibon - bisot]