Header Ads

Bappelitbangda Kota Bekasi Laksanakan Tahapan Penilaian dan Penjurian Inovasi Daerah 2022

 

Bappelitbangda Kota Bekasi Laksankan Tahapan Penilaian dan Penjurian Inovasi Daerah Tahun  2022

Wajahbekasi.com - Kota Bekasi, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Bekasi Melaksanakan tahapan penilaian dan penjurian pada Kegiatan Bekasi Innovation Week 2022 di Press Room Humas Kota Bekasi pada 04-05 Oktober 2022. 

Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan Bappelitbangda Kota Bekasi ini memasuki tahun ke-3 sejak dimulai pada tahun 2020 lalu, Kegiatan yang bertujuan untuk memotivasi, mendorong dan memberikan penghargaan kepada perangkat daerah/ unit kerja yang berhasil menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah secara transparan dalam upaya peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, dan daya saing daerah.

Kegiatan ini di ikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 10 Perangkat Daerah, 5 Kecamatan, dan 5 Puskesmas sekota Bekasi. Para peserta ini merupakan hasil dari kompetisi yang telah melalui berbagai proses tahapan penilaian melalui penginputan inovasi daerah pada aplikasi sidik jari (http://sidikjari.bekasikota.go.id/),  hingga munculah 20 peserta yang menjadi nominasi pada tahapan dalam kegiatan penilaian Bekasi Innovation Week 2022. Adapun bentuk inovasi daerah ini terdiri dari inovasi tatakelola pemerintah daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi lainnya sesuai bidang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Sementara jenis inovasi daerah yang di laporkan kepada tim penilai adalah inovasi digital dan inovasi non digital. 

Mereka yang sampai pada proses presentasi dan wawancara akan dinilai  oleh Dewan Juri dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat, dan Pusat Pengembangan Otonomi Daerah Universitas Islam 45 Bekasi.

Kegiatan tahapan penilaian dan penjurian lomba inovasi daerah Bekasi di buka langsung oleh Drs. Dinar Faizal Badar selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Bekasi. 

Dalam sambutannya dengan adanya kegiatan Bekasi Innovation Week semoga mampu memotivasi perangkat daerah, dan tentunya hasil dari inovasinya mampu dirasakan masyarakat dalam memberikan pelayanan di Kota Bekasi. 

" Saya berharap kegiatan ini mampu memotivasi perangkat daerah di masing-masing wilayah kerja untuk terus memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat Kota Bekasi baik secara digital maupun non digital".tutupnya.

Puncak dari Kegiatan Bekasi Innovation Week 2022 adalah pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan kepada para peserta dengan empat kategori yaitu Perangkat Daerah terinovatif, Kecamatan Terinovatif, Puskesmas Terinovatif dan Inovasi daerah terbaik yang akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2022 di Balai Patriot Kota Bekasi. (MD).