Header Ads

DAMPAK PERIZINAN DUNIA USAHA BAGI PERUSAHAAN

DAMPAK PERIZINAN DUNIA USAHA BAGI PERUSAHAAN 

Oleh: 
Sainah, Prodi Akuntansi Syariah, STEI SEBI

DAMPAK PERIZINAN DUNIA USAHA BAGI PERUSAHAAN



      Dunia usaha kini semakin maju dengan di dorongnya oleh para pelaku usaha yang semakin banyak, hampir diseluruh Indonesia mempunyai bisnis di masing-masing daerahnya. 

Selain itu, canggihnya teknologi dapat menunjang keberhasilan usaha tersebut. Akan tetapi, bagaimana jika  badan usaha tidak mempunyai surat izin usaha perdagangan. 

   Masalah perizinan dan kemudahan dalam melakukan bisnis harus sesuai demi menghasilkan iklim bisnis yang bergairah. 

Program pencabutan atau pengurangan regulasi negara dan proses mengurangi segala aturan yang lamban dan rumit dilakukan di dunia usaha adalah salah satu cara, juga satu langkah yang cukup mendukung adalah diberlakukannya Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sebagaimana diingatkan dalam Lawno. 3 Tahun 1982 tentang Wajib Registrasi Perusahaan.

     Berkaitan dengan masalah perizinan tersebut, izin itu sendiri biasanya memiliki batasan-batasan yang selalu mengacu pada 5 (lima) hal, seperti:
  1. Sebuah Persyaratan untuk mendapatkan izin.
  2. Pentingnya kegiatan komersial terkait dengan izin yang dikeluarkan.
  3. Kondisi pendukung terkait dampak yang bervariasi mengeluarkan izin yang diperlukan.
  4. Berbagai keuntungan dan hak istimewa tersedia bagi penerima lisensi.
  5. Penerima izin harus melaksanakan tugas sesuai dengan Perintah pemerintah, seperti untuk meningkatkan ekspor, menawarkan kesempatan kerja, dan memajukan kelompok ekonomi lemah, koperasi, anti polusi, dan lain sebagainya.

Pelaku usaha atau badan usaha dapat memiliki seperangkat hak dan kewajiban dengan adanya surat izin, yang memungkinkan mereka untuk mengambil keuntungan dan menikmati keuntungan komersial mereka. 

Maka dari itu berikut adalah dampak positif badan usaha yang mempunyai surat izin dan Dampak negatif badan usaha yang tidak mempunyai surat izin:

Dampak positif surat izin usaha perdagangan terhadap perusahaan

  1. Membuat perusahaan lebih terlindungi, supaya anda dapat mengelolanya dengan lebih aman tanpa khawatir akan dikompromikan. SIUP ini dapat digunakan sebagai alat legalitas perusahaan jika suatu saat terjadi perselisihan.
  2. Legalitas perusahaan yang terlihat jelas, hal ini dapat menarik minat konsumen karena konsumen merasa aman untuk membeli produknya. 
  3. Bagi perusahaan yang bergerak di bidang impor-ekspor mempunyai SIUP ini sangat dibutuhkan supaya lebih memperlancar proses dari jalannya usaha tersebut.  

Adapun dampak negatif bagi perusahaan dari tidak mempunyai  surat izin atau surat izin tersebut ternyata palsu: 
  1. Tidak adanya perlindungan hukum; sebagaimana sudah dijelaskan di awal dalam UU No. 3 tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, yang menyebutkan bahwa suatu perusahaan wajib didaftarkan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan setelah perusahaan mulai menjalankan usahanya. Jika suatu saat nanti perusahaan diberhentikan secara tiba tiba oleh instansi terkait perusahaan akan aman karena memiliki dokumen legalitas, begitu sebaliknya jika perusahaan yang tidak mempunyai surat izin maka tidak ada lagi perlindungan hukum terhadapnya. 
  2. Kredibilitasnya diragukan; akibatnya tidak ada rasa kepercayaan bagi para investor, konsumen dan mitra kerja karena tidak profesionalnya pelaku usaha atau badan bisnis dalam menjalankan usahanya.
  3. Bisnisnya tidak akan berkembang; karena Izin usaha, yang diperlukan untuk melakukan perdagangan ekspor dan impor, adalah suatu keharusan jika Anda ingin membawa operasi perusahaan Anda dari tingkat nasional ke tingkat internasional.