Header Ads

Coffe Morning DPRD Kota Bekasi dan Insan Pers


BEKASI - wajahbekasi.com,  Guna menjalin sinergitas dan komunikasi antara anggota DPRD Kota Bekasi dengan Insan pers, khususnya yang bertugas di gedung perwakilan rakyat Kota Bekasi, Digelar aganda coffe morning bersama pimpinan AKD DPRD Kota Bekasi dan Insan pers yang diselenggarakan di Hotel Harris, Summarecon Bekasi, Kamis (8/9). Helatan bertema "Sinergitas DPRD Kota Bekasi dengan Media Partner dalam Membangun Kota Bekasi cerdas, Kreatif, Maju, Sejahteta dan Ihsan" .

Menurut Ketua DPRD Kota Bekasi H M Saifuddaulah ini bagian dari agenda untuk merekatkan silaturrahim serta menjalin komunikasi antara DPRD Kota Bekasi dan insan pers. “Selain dalam rangka mempererat silaturahmi, juga untuk memperlancar komunikasi serta memperkuat kemitraan antara DPRD Kota Bekasi dengan wartawan. Selain menjalankan kontrol sosial, pers juga memberikan Informasi terkait dengan kinerja seluruh anggota Dewan kepada masyarakat,” ungkap Saifuddaulah dalam sambutannya Agenda ini, kata Saifuddaulah, merupakan yang pertama sejak dirinya dilantik menjadi Ketua DPRO Kota Bekasi pada April 2022 lalu. 

“Saya sangat berharap untuk bertatap muka seperti Ini agar lebih mengenal secara dekat. Meski selama ini juga sudah terjalin erat. Semoga pertemuan Ini bisa memberi manfaat dan kebaikan dalam peningkatan kinerja dewan serta kesejahteraan masyarakat Kota Bekasi," kata Ketua DPRD yang biasa disapa Ustad Daulah. 

Saifuddaulah menuturkan, bahwa saat ini sebanyak hampir 142 media cetak dan online telah bekerja sama dengan institusi yang dipimpinnya. “Semoga dengan kehadiran dalam coffe morning ini menjadi bukti kuatnya jalinan kemitraan antara DPRD dengan media, tanpa perbedaan antara satu media dengan media lainnya. Karena kehadiran insan pers sangat penting bagi kebaikan di Kota Bekasi, khususnya di DPRD Kota Bekasi,” terang Saifuddaulah. Politikus PKS ini mengakui bahwa jalinan kemitraan ini belum bisa memuaskan semua pihak. 

Namun, yang paling penting adalah kebersamaan dalam menjalankan fungsi masing-masing. Sehingga besarnya kontribusi media dalam menyampaikan kinerja DPRD semakin nyata. "Pers adalah pilar keempat demokrasi. DPRD juga bagian dari demokrasi, sehingga bisa menjalankan tugas masing-masing dalam menyampaikan Informasi kepada masyarakat sesuai profesi dan kode etik yang sudah dimiliki insan pers. Sehingga saling menguatkan peran dan fungsi untuk membangun Kota Bekasi dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Salfuddaulah. 


Seperti diketahul, bahwa melalui Sekretariat DPRD (Setwan) Kota Bekasi beberapa media difasilitasi untuk kerja sama menyampaikan informasi kinerja dewan melalui program Adikarya, advertorial dan kegiatan gathering media atau coffe morning. 

"Semua program itu untuk merekatkan kebersamaan dalam menjalankan tupoksi dewan. Serta berharap terciptanya lingkungan nyaman dan transparan, karena itu kita mendorong setiap anggota legislatif lebih terbuka terkait informasi apapun kepada awak media sehingga masyarakat mengetahui apa yang telah dikerjakan anggota dewan dan pemerintah Kota Bekasi,” pungkas Saifuddaulah. 

Selain Ketua DPRD Kota Bekasi. Hadir dalam coffe morning tersebut, pimpinan DPRD dan alat kelengkapan dewan seperti Ketua Bapemperda Nicodemus Godjang dan Ketua Komisi III Murfati Lidianto. 

"Saya harap kawan-kawan jurnalis menjalankan tugasnya dengan baik dan menyampaikan sajian berita sesuai dengan kaidah serta etika profesi. Pers sebagai pilar demokrasi keempat pun harus menjadi komitmen bersama. Sehingga perlu juga kontrol yang serius untuk insan pers, karena tanpa kontrol pers yang sehat akan membahayakan keutuhan bangsa dan mengganggu jalannya pembangunan," ungkap Bung Nico biasa disapa, yang juga mantan jurnalis dan pendiri media Bekasi Ekspres. 

Sementara Ketua Komisi III DPRD Kota Bekasi Murfati Lidianto berharap kemitraan antara insan pers dan anggota DPRD ini terus terjalin sehingga menjadi memudahkan check and balance jalannya 

pembangunan di Kota Bekasi. "Saya sangat berharap forum ini menghasilkan peningkatan kinerja dan sinergis yang simultan demi kesejahteraan warga Kota Bekasi," ujar Murfati. 

Sekretaris DPRD Kota Bekasi Hanan, memaparkan kegiatan coffe morning ini dilaksanakan sebagai 

bentuk kerja sama dan sinergitas DPRD Kota Bekasi dengan wartawan. 

"Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap teman-teman wartawan yang telah bekerja di lingkungan DPRD Kota Bekasi. Juga turut membantu anggota dewan dan Pemkot Bekasi dalam pemberitaan positif pembangunan Kota Bekasi," papar Hanan. 

Hanan memaparkan pihaknya akan selalu terbuka dan memberi ruang untuk kerja-kerja jurnalis awak media di lingkungan Setwan dan DPRD Kota Bekasi. Sehingga seluruh kebijakan serta program yang dilaksanakan anggota dewan bisa tersosialisasikan kepada masyarakat. 

“Sekretariat akan selalu terbuka untuk rekan media selama ini demi kebaikan dan kebutuhan informasi publik. Jika ada hal yang kurang dalam komunikasi, ke depan akan kita perbaiki bersama," pungkasnya.(are)