Header Ads

Bawaslu Kabupaten Bekasi Buka Pendaftaran Panwascam Pemilu 2024

Bawaslu Kabupaten Bekasi Buka Pendaftaran Panwascam Pemilu 2024

WajahBekasi.Com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membuka pendaftaran anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) yang akan bertugas pada Pemilu 2024.

"Informasi seputar pendaftaran dapat diakses melalui website bekasikab.bawaslu.go.id atau di kanal sosial media Bawaslu Kabupaten Bekasi," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi Syaiful Bachri di Cikarang, Kamis, 8 September 2022 seperti dikutip dari Antara.

Ia mengajak warga Kabupaten Bekasi yang ingin berpartisipasi dalam pengawasan pemilu untuk mendaftar dengan memantau informasi pendaftaran di saluran yang telah disiapkan tersebut.

"Selain nanti penetapan parpol, sebentar lagi ada rekrutmen panitia ad hoc, dalam waktu dekat akan dibuka, silakan buat masyarakat yang memenuhi persyaratan berdasarkan undang-undang, bisa mempersiapkan diri ketika nanti sudah dibuka pendaftaran," katanya.

Syaiful meminta jika ada masyarakat yang setelah melakukan pengecekan di infopemilu.kpu.go.id ternyata tanpa sepengetahuannya, masuk menjadi anggota parpol, dipersilakan datang ke posko pengaduan di kantornya atau melalui media sosial dengan melapor dan membuat pernyataan.

"Penyelenggara pemilu juga memberi kesempatan kepada masyarakat jika tidak pernah mendaftar sebagai anggota partai politik dengan mengecek ke infopemilu.kpu.go.id. Bawaslu Kabupaten Bekasi sudah mendapat instruksi dari pusat untuk membuat posko pengaduan," ucapnya.

Hingga saat ini, pihaknya mencatat sudah ada empat orang yang mengadu ke Bawaslu Kabupaten Bekasi dengan laporan yang sama yakni NIK-nya terdaftar sebagai anggota parpol. Laporan ini akan diteruskan ke KPU Kabupaten Bekasi.

"Kita rekomendasikan ke KPU untuk segera diproses. Kalau memang betul, itu harus dikeluarkan dari Sipol. Atau bisa juga secara online di link KPU juga disediakan," katanya.

Syaiful mengimbau masyarakat untuk melakukan pengecekan nama agar mendapatkan hak pilih di Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang menyusul adanya pemutakhiran data pemilih.

"Silakan dicek nama kita di website milik KPU lindungihakmu.kpu.go.id kalau belum ada, silakan daftar," kata dia. [Antara]