Header Ads

Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW
Oleh: Uli Qurrata A’yuni Candra

Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Hidup sehat sudah menjadi bagian penting yang harus dijalani oleh manusia, terutama bagi umat islam. 

Dalam setiap aktifitas dan pola hidupnya, Rasulullah SAW selalu menjadi teladan bagi umat islam, termasuk dalam menerapkan pola hidup sehat. 

Menerapkan pola hidup sehat ini sangat penting karena jika seorang muslim sakit maka itu akan menghambat ia untuk melaksanakan ibadah dan melakukan kegiatan lainnya. 

Berikut beberapa tips sehat ala Rasullah SAW:

1. Mengkonsumsi makanan halal dan bergizi

Rasulullah SAW selalu mematuhi syariat islam termasuk larangan untuk memakan makanan yang haram. Karena jika Allah sudah melarang, sudah pasti itu tidak baik untuk kita.

Rasulullah SAW sering mengonsumsi makanan bergizi, seperti kurma, madu, zaitun, dan sebagainya. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Membaca doa dan menggunakan tangan kanan

Rasulullah SAW membaca doa sebelum makan bertujuan agar makanan yang kita makan menjadi lebih berkah, menjadi obat, dan tidak membuat seseorang menjadi rakus. Dan makan dengan tangan kanan jika dikaji secara medis, makan dengan tangan kiri memang tidak baik karena tangan kiri sering digunakan untuk mencuci area intim, sehingga kemungkinan bakteri bisa bersarang di dalam jari. Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR Muslim)

3. Makanlah secukupnya 

Dalam hadits diterangkan: “Kalau memang tidak ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya.” (HR Tirmizi dan Ibnu Majah). Perut kita dibagi tiga, sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum dan sepertiga lagi untuk bernafas. Maka dari itu sisakan perut kita untuk minum dan bernafas jangan diisi dengan makanan semua. Allah juga tidak suka orang yang berlebih-lebihan termasuk dalam makan. 

4. Tidak meniup makanan atau minumam yang panas

Rasulullah SAW menganjurkan untuk menunggu makanan atau minuman hingga tidak panas dan melarang meniup atau menghembuskan nafas di depan makanan. Secara teori ilmiah meniup makanan atau minumam yang panas bisa berdampak merusak kinerja ginjal juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung.

5. Tidur malam yang cukup

Nabi Muhammad SAW biasanya tidur sekitar pukul 21.00 atau selepas sholat isya’, Kemudian bangun di sepertiga malam terakhir. Menurut penelitian, ternyata pukul 9 malam sampai 3 pagi adalah waktu tubuh mengalami proses metabolisme yang dapat berlangsung optimal hanya bila tubuh dalam kondisi relaks atau tidur.

6. Berolahraga

Salah satu pola hidup sehat Rasullah SAW yaitu dengan berolahraga. Menurut riwayat hadist, Beliau memiliki tubuh bugar dan apabila berjalan langkahnya juga cepat. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata: “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

7. Berpuasa

Puasa yang diajarkan Rasulullah SAW bukan hanya puasa wajib di bulan ramadhan saja, tapi juga banyak puasa-puasa sunnah lainnya. Berpuasa memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk menyehatkan jantung, mengeluarkan racun dalam tubuh, kesehatan ginjal, dan masih banyak lainnya.