Header Ads

Korupsi Cukup Sampai di Sini

Korupsi Cukup Sampai di Sini

Muhammad Nur Bintang Saputra 
Mahasiswa STEI SEBI, Prodi Manajemen Bisnis Syariah

Korupsi Cukup Sampai di Sini

Menjadi negara yang berkembang sangat ditentukan oleh kemampuan dan keberhasilannya dalam melaksanakan pegembangan sumber daya manusianya (SDM) . 

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai suatu proses perubahan yang direncanakan mencakup semua aspek  sektor yang ada di Indonesia ini. Negara Indonesia ialah salah satu negara terkaya di Asia, dilihat dari keanekaragaman kekayaan sumber daya alamnya.

Tetapi ironisnya, negara ini dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia bukanlah merupakan sebuah negara yang kaya, tetapi termasuk negara yang miskin. 

Salah satu penyebabnya ialah rendahnya kualitas sumber daya manusianya. Kualitas tersebut bukan hanya berasal dari segi pengetahuan atau intelektualnya, tetapi juga menyangkut kualitas moral serta kepribadiannya. 

Rapuhnya moral serta rendahnya tingkat kejujuran tersebut membuat  aparatur negara terjangkit yang namanya korupsi. Korupsi di Indonesia ini adalah patologi sosial (penyakit sosial) yang sangat berbahaya yang mengancam semua sektor kehidupan bernegara.

Korupsi telah menyebabkan kerugian materiil keuangan negara yg sangat besar . Namun yang lebih memprihatinkan lagi ialah terjadinya perampasan  keuangan negara yang dilakukan secara kolektif oleh kalangan anggota pemerintah  menggunakan dalih studi banding, tunjangan, uang pesangon,izin proyek pembangunan serta lain sebagainya di luar batas kewajaran. 

Hal itu adalah cerminan rendahnya moralitas serta rasa memalukan yang dimiliki sang aparatur  negara. Persoalannya adalah dapatkah korupsi diberantas ? 

Iya,terdapat jawaban lain 

Bila ingin maju, maka korupsi harus diberantas. Jika tidak berhasil memberantas korupsi atau paling tidak mengurangi sampai pada titik yg paling rendah, maka jangan harap negara ini akan bisa mengejar ketertinggalannya dibandingkan negara lain buat menjadi sebuah negara yg maju, karena korupsi membawa akibat negatif yang cukup luas serta dapat membawa negara ke jurang kehancuran.

Apa kalian tidak melihat betapa sulit kehidupan yang dialami oleh kalangan menengah bawah, ketika mendengar aparatur pemerintah mulai dari Tingkat bawah sudah melakukan perbuatan keji tersebut. Hati ingin menangis dan pikiran tak habis fikir apa diri ini diciptakan berbeda dengan pemangku kuasa.