Header Ads

Gandeng Relawan, Faizal Hafan Farid Gelar Ngobrol Asik di Pinggir Kali Cikarang

Gandeng Relawan, Faizal Hafan Farid Gelar Ngobrol Asik di Pinggir Kali Cikarang

WajahBekasi.Com - Para pengiat lingkungan “Taman Hati Kali Cikarang” menghadirkan anggota DPR Provinsi Jawa Barat H. Faizal Hafan Farid, S.E., M.Si dalam acara “Ngobrol Asik dipinggir Kali Cikarang” bertema “Penting menjaga sungai untuk kebaikan bersama di era Covid-19” dalam acara yang digagas . 

Tampak dalam acara Ngobrol Asik ini beberapa pengiat  lingkungan dan relawan antara lain; Yahya Komeng (Ketua Rehab Kali Cikarang), Aris Sunandar (Ketua Pemuda Desa Bekasi), Agah Handoko (Ketua Historika Bekasi) Ebong Hermawan (pengiat Media Sosial), dan Irawan Wahyudi dari I-DERU (Indonesian Disaster Emergency Response Unit).

“Acara ini merupakan bukti bahwa masyarakat memiliki peran serta aktif dalam memberdayakan lingkungan untuk dijadikan destinasi wisata lokal,” ujar Faisal Komisi XI anggota DPR Provinsi Jawa Barat dari  daerah pemilihan (Dapil) Jabar IX (Kabupaten Bekasi) dalam sambutannya.

Dirinya mengapresiasi masyarakat yang masih peduli dengan kelestarian lingkungan dan secara swadaya mengelola lahan terbuka hijau menjadi tempatberteduh yang segar di tengah kota industri.

“Jika tidak dikelola seperti ini, mungkin tempat ini menjadi tempat sampah. Dengan adanya masyarakat beraktivitas di sini, kita berharap ke depannya bisa membantu mewujudkan lingkungan hijau di era pandemi,”katanya.

Lebih lanjut Faisal juga menjelaskan pemilihan lokasi reses di Taman Hati Kali Cikarang bukan dipilih  tanpa alasan, akan tetapi karena Taman Hati Kali Cikarang yang dikelola oleh para pengiat lingkungan  merupakan tempat yang nyaman dan sesuai untuk bertemu serta sesuai dengan isu yang ia angkat, yaitu menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan.

Gandeng Relawan, Faizal Hafan Farid Gelar Ngobrol Asik di Pinggir Kali Cikarang



“Mari kita menjaga dan melestarikan lingkungan yang sehat agar terhindar dari risiko kesehatan dan berbagai penyakit,” ajak Faisal.

Menurut Faisal Taman Hati Kali Cikarang jika dikelola dengan baik akan dapat menjadi destinasi wisata lokal yang mampu membangkitkan perekonomian masyarakat di era pandemi.

Sementara itu Yahya Komeng Ketua Komunitas Rehab Kali Cikarang, merasa bersyukur akan suksesnya acara “Ngobrol Asik di pinggir Kali Cikarang. Menurutnya hal itu terselenggara berkat partisipsi para relawan dan masyarakat yang tinggi untuk melestarikan lingkungan.

“Dampak positifnya, selaku pengiat lingkungan meminta agar masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan dan peduli terhadap lingkungan, kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi,” kata Komeng.

Sementara itu salah satu tokoh pemuda Desa Sukadanau yang akrab disapa Bang Mading berharap semoga acara seperti ini dapat terus berlanjut dan mendapatkan dukungan agar Taman Hati Kali Cikarang dapat berkembang,” kata Mading. [Blanco/Agah]