Header Ads

STIT Al Marhalah Al Ulya Bekasi Mengikuti West Java Islamic Studies Conference

STIT Al Marhalah Al Ulya Bekasi Mengikuti West Java Islamic Studies Conference

WajahBekasi.Com - Rabu, 2 Pebuari 2022 diadakan West Java Islamic Studies Conference (WJIC) bertempat di Institut Agama Islam Cipasung yang dipimpin oleh KH. Bunyamin Ruhiat, yang diadakan oleh Kopertis Wilayah 2 Bandung dan  dihadiri oleh seluruh Perguruan Tinggi Keislaman Swasta (PTKIS) se Jawa Barat, termasuk STIT Al Marhalah Al Ulya Bekasi. Dosen STIT Almarhalah Al Ulya yang hadir adalah Dr.Aiz Muhajirin SH,MH, Dr Zamakhsari, Nabil M.Ag dan dosen senior Hadi Winarno.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam acara WJIC mengatakan bahwa PTKIS agar berkolaborasi untuk kemajuan  masyarakat Jawa Barat khususnya. 

Dalam kondisi industri 4.0 dan 5.0 society, PTKIS harus bergerak dalam perspektif ISLAM AKTUAL, diartikan islam moderat. Prof Mahmud mengartikan bahwa industri 4.0 sebagai penemuan memproduksi kebudayaan, Sedangakn 5.0 society sebagai kebudayaan memproduksi penemuan. 

Islam mengambil jalan tengah yang tidak blok ke kiri dan ke kanan, ke barat maupun ke timur namun Moderat, wasath dengan cara melihat aktualisasi dari konteks dan teks. 

PTKIS se-Jawa Barat dengan cara inilah bisa masuk sekaligus bermanfaat ke dalam masyarakat dan tidak melahirkan intoleransi yang berdampak pada keakraban warga negara. 

Di lain hal, islam moderat harus disampaikan melalui kearifan lokal Jawa Barat, salah satunya konsep Silih Asuh, Silih Asih, Silih Asah dan Silih Mawangi. Selain itu Prof Mahmud  mengatakan  bahwa para dosen dalam mencampaikan gagasan, jangan melawan arah, kecuali dosen telah mempunyai kekuatan. 

Agar dosen mempunyai kekuatan adalah merupakan tugas PTKIS.Untuk itu PTKIS harus berkolaborasi agar para dosen berkualitas

Rektor UIN Sunan Gunung Djati juga mengajak para dosen untuk mengkaji ulang tentang adanya stigma bahwa provinsi Jawa Barat adalah provinsi yang intoleran

Sedangkan pesan KH. Bunyamin Ruhiat dalam acara yang sama memberikan resep sukses dalam membangun PTKIS yaitu 
  1. Biaya pendidikan harus murah agar terjangkau oleh masyarakat, 
  2. Memperdayakan para alumni untuk ikut berperan serta dalam memajukan pondok pesantren/ Institut Agama Islam Cipasung.

STIT Al Marhalah Al Ulya Bekasi Mengikuti West Java Islamic Studies Conference

Dalam acara ini juga diadakan diskusi dalam pengelolaan journal yang dimiliki PTKIS, kerjasama Program Studi dan diakhiri penandatangan MoU dan MoA Antar Perguruan Tinggi Keagamaan Di Jawa Barat.

Dan diakhir acara dosen STIT Al Marhalah Ulya Bekasi juga mengunjungi beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Institut Agama Islam Cipasung dan ditutup dengan ziarah ke makam KH.Ilyas Ruhiat yang berada di lingkungan pondok pesantren Cipasung. [Gorby/Bisot]