Header Ads

Penanganan Tanggul Citarum Sementara Pakai Terpal

Penanganan Tanggul Citarum Sementara Pakai Terpal

WajahBekasi.Com - Penanganan Tanggul Sungai Citarum yang jebol di Kampung Tapak Serang RT05 RW03 Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi dilakukan dengan cara memasang terpal, termasuk di sepanjang tanggul kritis. Penanganan tersebut bersifat kegawatdaruratan karena perbaikan secara permanen belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"(Debit) Air Sungai Citarum sempat meningkat. Kita bersama BPBD pasang terpal di titik tanggul yang jebol," kata Camat Cabangbungin, Asep Buchori, Sabtu (15/1).

Saat ini, tenda darurat dan beberapa bangunan juga sudah disiapkan jika sewaktu-waktu warga harus dievakuasi karena Sungai Citarum meluap. Lokasi tenda darurat berada di Kantor Kecamatan Cabangbungin.

"Gedung-gedung yang kita siapkan untuk lokasi evakuasi warga sudah kita bersihkan. Warga juga sudah kami imbau kalau air terus naik kita evakuasi," ungkapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln mengatakan, Sungai Citarum di Kecamatan Cabangbungin berpotensi meluap jika di wilayah tersebut terus diguyur hujan.

"Kalau curah hujan meningkat sudah pasti (meluap Sungai Citarum) itu. Prediksi BMKG hujan sampai Februari," ucapnya.

BPBD Kabupaten Bekasi sudah menyampaikan peristiwa tanggul jebol di Kecamatan Cabangbungin ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan meminta agar segera dilakukan perbaikan secara permanen.

"Saya juga sudah tanya ke BBWS kapan diperbaiki permanen tanggul Citarum yang jebol ini, mereka belum bisa mastiin, kecuali kalau perbaikan yang bersifat darurat," katanya. [ray-www.merdeka.com]