Header Ads

Beks to Nature (Bekasi Untuk Alam) Kolaborasi Berbagai Komunitas Sukses Digelar

Beks to Nature (Bekasi Untuk Alam) Kolaborasi Berbagai Komunitas Sukses Digelar


WajahBekasi.Com - Minggu 16 Januari 2022, TBM Rumah Pelangi Bekasi dan kurang lebih 35 komunitas turut meramaikan Acara Festival Pohon :Beks To Nature (Bekasi Untuk Alam) di Pasar Alam Vida Bekasi.

Aditia (21) ketua Rumah Pelangi Bekasi  menyampaikan banyak terima kasih kepada rekan-rekan 35 komunitas yang sudah berpartisipasi di acara Festival Pohon ini.

"Semoga ke depannya kita semua dapat tetap menyambung silaturahmi, bekerjasama dan bersinergi antar komunitas-komunitas yang ada di Bekasi" kata Adit.

"Alam yang begitu kaya memberikan banyak hal bagi kehidupan semua makhluk namun, kebiasaan dan pola hidup manusia justru kerap memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan di mana kita tinggal" sambungnya.

Event Festival Pohon bertemakan “Beks to Nature (Bekasi Untuk Alam)” ini berawal dari keresahan bersama mengenai besarnya timbunan sampah dan minimnya RTH di Kota Bekasi.

Acara Festival Pohon bertujuan memperkenalkan bahwa melestarikan lingkungan, bukanlah hal yang sulit dan berjarak, namun juga menyenangkan untuk dilakukan dalam keseharian.

Presiden Komunitas Bangun Kota, Abi Sutanrai mengatakan, Masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi isu berkepanjangan di masyarakat, bahkan selalu meningkat setiap tahunnya, jika diurai cukup kompleks memang mulai dari kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan, pengetahuan mengenai pengelolaan sampah, sosialisasi program, insfrastruktur yang mendukung dan memadai, hingga regulasi yang berkenaan dengan isu lingkungan. Hal tersebut menjadi kewajiban kita bersama dalam melestarikan Bumi Bekasi kita.

Beks to Nature (Bekasi Untuk Alam) Kolaborasi Berbagai Komunitas Sukses Digelar

“Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kepedulian lingkungan tidaklah mudah, masyarakat perlu dilibatkan dalam pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dalam lingkup yang lebih kecil yakni skala rumah tangga seperti meminimalisir produksi sampah, menanam di pekarangan yang terbatas, memanfaatkan kembali sampah organik dan non-organik, maka dari itu melalui event ini diharapkan kita mampu lebih pro-aktif dalam melestarikan lingkungan dari keseharian kita,” ucapnya.

Bukan hanya itu, kegiatan ini juga secara kolaboratif mengajak masyarakat Kota Bekasi untuk menjaga dan merawat lingkungan. "Beks to Nature" yang di inisiasi komunitas-komunitas di Bekasi bekerja sama dengan mitra swasta Vida Bekasi menghadirkan Pak Tri Adhianto selaku Plt. Walikota Bekasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, serta Kepala Bidang Pemasaran dan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Koperasi Savira dan LCJS Fun Urbana. Harapannya, melalui keterlibatan lintas stakeholder memberikan dampak yang besar dan keberlanjutan.

Event ini juga dikemas dengan beragam kegiatan yakni, Tanam Pohon Kebaikan, Community Gathering, Workshop Eco-print, Workshop Kokedama, Eco-Talk, Community Performance dan Galeri Komunitas. Harapannya, dengan memfestivalisasi kegiatan ini "pesan" mengenai kepedulian lingkungan semakin mudah tersampaikan dan memiliki gaung resonansi yang semakin luas.

Untuk diketahui bersama, peserta kegiatan ini disarankan untuk membawa tumbler botol minum, kotak makan dan tote bag untuk mengisi ulang makanan / minuman yang disediakan panitia untuk meminimalisir sampah acara. [Red]