Header Ads

Banjir Rob Kembali Genangi 5 Desa di Muaragembong



WajahBekasi.Com - Sebanyak lima desa di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kembali terendam banjir rob. Banjir diketahui mengepung sejak Jumat 31 Desember 2021, akibat naiknya permukaan air laut.

5 desa yang terdampak banjir rob, di antaranya Desa Pantai Mekar, Pantai Bahagia, Pantai Sederhana, Pantai Bakti, dan Desa Pantai Harapan Jaya.

Desa Pantai Bahagia menjadi salah satu wilayah yang terdampak cukup parah, dengan ketinggian banjir mencapai selutut orang dewasa. Sedikitnya ada tujuh kampung yang terendam banjir di desa tersebut.

"Kalau di permukiman (ketinggian) bisa mencapai lutut orang dewasa. Ada sekitar seribuan rumah yang terendam," kata Sekretaris Desa Pantai Bahagia, Ahmad Qurtubi, Selasa, 4 Januari 2022. 

Akibat peristiwa ini, lanjut Ahmad, aktivitas warga menjadi terganggu selama beberapa hari terakhir. Akses jalan juga nyaris terputus lantaran tergenang banjir.

Menurutnya, banjir rob yang berlangsung sejak penghujung tahun 2021, menjadi bencana pertama yang terjadi di awal tahun 2022. Meski demikian, lanjutnya, kebutuhan listrik di lima desa terdampak masih bisa terpenuhi.

"Kalau listrik aman. Banjir rob juga mulai surut," tandas Ahmad.