Header Ads

Kabid Kebudayaan: Generasi Muda Musti Kreatif dalam Melestarikan Seni Budaya Lokal

Kabid Kebudayaan: Generasi Muda Musti Kreativ Dalam Melestarikan Seni Budaya Lokal

WajahBekasi.Com - Pelestarian kesenian dan kebudayaan adalah tanggung jawab bersama. Kebudayaan berperan penting dalam kemajuan masyarakat suatu bangsa. 

Kabupaten Bekasi turut melestarikan dan membangun Kebudayaan Nasional Indonesia dan menjadikan Kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan. 

Keberagaman Kebudayaan di Bekasi adalah kekayaan dan identitas bangsa yang diperlukan untuk menjaga kepribadian bangsa di tengah dinamika perkembangan dunia.

Sabtu, 11 Desember 2021 bertempat di halaman kantor kepala desa Sukamekar Sukawangi kabupaten Bekasi Jawa Barat dilaksanakan "Malam Apresiasi Seni Sukamekar" yang digabung dalam acara "TBM Rumah Pelangi Nyaba Kampung" dalam rangka menumbuhkembangkan dan melestarikan Kembali Seni Budaya dan partisipasi warga membangun desa. 

Hadir dalam acara ini Reza Nur Alam, SH., MM., Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kab. Bekasi.

Kabid Kebudayaan: Generasi Muda Musti Kreativ Dalam Melestarikan Seni Budaya Lokal


Dalam sambutannya pada acara talkshow yang menampilkan Kepala desa Sukamekar tersebut, Kepala Bidang Kebudayaan menyebutkan agar generasi muda terus menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dengan berbagai kreativitasnya, turut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan.

"Para pemuda jangan merasa gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki, hindari sikap primordialisme dan etnosentrisme, tunjukkan kita adalah masyarakat yang berbudaya," sambung Reza Nur Alam.

Reza juga mengapresiasi kegiatan warga yang menghidupkan kembali perekonomian setelah sekian lama melemah karena adanya pandemi.

Sementara itu selain menampilkan tari-tarian, atraksi pencak silat Cinong Bekasi, pengenalan reptil dari Sahabat Reptil Bekasi, pembacaan puisi, teater dan musik akustik, acara "Malam Apresiasi Sukamekar" juga menampilkan bincang literasi yang dipandu oleh Sekretaris TBM Rumah Pelangi Bekasi, Hartini Widyawati dengan nara sumber Reza Aufa Rafiki Duta Baca Kab. Bekasi dan Maghfira Izzani Duta Anak Kab. Bekasi serta Samuel Fernando Banjarnahor Duta Hukum dan HAM Jawa Barat. [red]