Header Ads

Citarum Meluap, Belasan Rumah Kebanjiran

Citarum Meluap, Belasan Rumah Kebanjiran

WajahBekasi.Com - Permukiman warga di RT 02/04 Kampung Bojongponcol, Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terendam banjir dengan ketinggian bervariasi hingga satu meter, akibat luapan Sungai Citarum.

Camat Pebayuran Hanief Zulkifli mengatakan ada 11 rumah yang terletak di bantaran Sungai Citarum terendam air setinggi lebih dari satu meter.

"Barusan saya pantau sudah satu meter lebih di titik terparah yakni Kampung Bojongponcol," katanya di Bekasi, seperti dikutip dari Antara, Minggu (12/12).

Dia menjelaskan air luapan Sungai Citarum mulai menggenangi permukiman warga sejak pukul 12.00 WIB siang tadi dan semakin tinggi hingga sore ini.

"Selain 11 rumah yang terendam setinggi satu meter lebih itu, di wilayah lain tinggi airnya bervariasi mulai 30 sampai 70 sentimeter," ucapnya.

Hanief mengaku permukiman warga di kampung tersebut memang selalu terkena banjir kiriman saat debit air Sungai Citarum mengalami kenaikan akibat hujan di wilayah hulu.

Salah satu faktor penyebabnya adalah di wilayah tersebut tidak ada tanggul penahan air padahal letak perkampungan berada di bantaran sungai.

"Setiap tahun kalau ada kiriman air dari Sungai Citarum naik, sudah pasti tergenang. Karena memang mereka tinggalnya di bantaran kali. Di sana tidak ada tanggul tapi tanahnya di pinggir kali, sudah tinggi sebetulnya," katanya.

Saat ini puluhan warga terdampak banjir luapan sungai itu telah dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi hingga air surut meski belum bisa diketahui kapan akan surut.

"Karena ini banjir kiriman, kami belum tahu sampai kapan surutnya, sepertinya sudah mulai turun sih. Ya semoga di hulu tidak hujan lagi, biar cepat surut," kata dia.

(Antara/ugo)