Header Ads

MAHFUDZ ABDURRAHMAN SOSIALISASI 4 PILAR PADA KADER PKS KOTA BEKASI

Kota Bekasi - Wajahbekasi.com, Anggota MPR RI FPKS Mahfudz Abdurrahman menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan bekerjasama dengan DPD PKS Kota Bekasi dihadiri oleh peserta dari pengurus DPD dan DPC PKS Se-Kota Bekasi, di RM Joglo Kembar Jatiasih kota Bekasi provinsi Jawa barat, Minggu, (28/11/2021).

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota DPR/MPR-RI.

 Politisi asal Dapil VI Jawa Barat (Kota Bekasi dan Kota Depok) menyampaikan sosialisasi ini demi menjaga keutuhan persatuan berbangsa dan bernegara serta  memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila. 

 Kegiatan yang dihadiri ketua DPD PKS Heri Koswara dan seluruh Ketua Bidang DPD PKS Kota  Bekasi dan Pengurus DPC PKS Se-Kota Bekasi mengatakan empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan oleh setiap warga Indonesia, banyak kepentingan bangsa lain terhadap indonesia di era globalisasi yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaan kita.

 "Untuk itu, empat pilar kebangsaan ini harus kita maknai sebagai alat untuk membangun bangsa kita sendiri," ujarnya.

 Lanjut Bang Mahfudz, beberapa poin penting yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan tersebut mencakup Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

 Melalui sosialisasi, setidaknya pihaknya dapat memberi pemahaman bagi masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Lebih dari itu berbagai konflik yang sedang maupun yang akan terjadi di negeri ini agar dapat diredam atau diselesaikan dengan baik.

 "Kita sebagai masyarakat yang majemuk harus mennjujung tinggi Pancasila sebagai pemersatu," tegasnya.

Ia juga menyampaikan lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan") pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

 Pancasila adalah pandangan hidup bagi bangsa Indonesia yang asas-asasnya wajib diamalkan agar tercipta kehidupan yang aman dan tentram serta selaras dengan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kita juga harus mengetahui dan memahami sejarah Pancasila agar kita selalu menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan keberagaman . (Are)