Header Ads

Stasiun Bekasi Dipugar, Akses Leluar/Masuk Penumpang Berubah

Stasiun Bekasi Dipugar, Akses Leluar/Masuk Penumpang Berubah
 Foto: Antara/Fakhri Hermansyah 

WajahBekasi.Com - Jalur 1, 2, dan 3 di area bangunan lama Stasiun Bekasi dinonaktifkan mulai Minggu (21/11/2021) oleh Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Banten (BTPWJB) Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Praktis, akses keluar/masuk penumpang KRL di Stasiun Bekasi bakal berubah. Langkah ini merupakan tahapan dalam revitalisasi Stasiun Bekasi.

Sebagai gantinya, BTPWJB Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub mulai akan mengaktifkan bangunan baru Stasiun Bekasi pada Minggu (21/11/2021). VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyampaikan penjelasan terkait cara naik KRL dari Bekasi setelah adanya perubahan akses keluar/masuk penumpang KRL di Stasiun Bekasi. 

“Setelah ditutupnya jalur 1, 2, dan 3, maka operasional kereta di Stasiun Bekasi akan dilayani di jalur 4, 5, 6, dan 7,” ujar Anne Purba dalam keterangan resmi, dikutip pada Sabtu (20/11/2021).

Selama revitalisasi, sisi utara Stasiun Bekasi atau yang mengarah ke Jalan Perjuangan dapat digunakan oleh calon penumpang KRL.

Pengguna KRL dapat keluar/masuk dengan memanfaatkan akses masuk sementara dari sisi utara, selanjutnya menuju lantai 2 gedung baru stasiun yang terletak di sisi selatan untuk melakukan tap di gate elektronik. 

“Setelah melakukan tap di gate elektronik, pengguna dapat turun menuju peron sesuai tujuan keretanya,” imbuh Anne Purba. 

Sementara pengguna KRL yang keluar/masuk dari sisi selatan atau yang mengarah Jalan Ir H Juanda, dapat langsung menuju lantai 2 gedung baru stasiun untuk melakukan tap di gate elektronik dan selanjutnya turun menuju peron.

Anne menjelaskan, Stasiun Bekasi merupakan salah satu stasiun tersibuk di wilayah operasional KRL Jabodetabek. Rata-rata penumpang KRL dari Stasiun Bekasi tercatat sebanyak 12.166 orang per hari. Adapun Stasiun Bekasi melayani 197 perjalanan KRL per hari.

“Stasiun ini melayani KRL tujuan Jakarta Kota dan Cikarang serta kereta pemberhentian sejumlah kereta antar kota,” bebernya. 

KAI Commuter mengajak seluruh pengguna KRL untuk menyesuaikan kembali waktu perjalanannya serta selalu memperhatikan informasi dari petugas di lapangan. Informasi resmi seputar perjalanan KRL dapat diakses melalui akun media sosial @commuterline dan aplikasi KRL Access. Seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan selama masa pandemi Covid-19 ini tetap berlaku.

Penulis/Editor : Muhammad Choirul Anwar [Kompas.com]