Header Ads

Pencak Silat Asal Kranggan Didorong Menjadi Warisan Budaya

Pencak Silat Asal Kranggan Didorong Menjadi Warisan Budaya


WajahBekasi.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mendorong seni bela diri pencak silat asal Kranggan, menjadi warisan budaya. Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, seluruh elemen masyarakat sudah sepatutnya melestarikan warisan budaya khas Jawa Barat tersebut.

“Pentingnya perhatian dari berbagai elemen masyarakat, pemerintah, orang tua dan para generasi muda untuk dapat turut serta dalam melestarikan budaya yang telah diwariskan secara turun temurun, seperti halnya pencak silat khas Jawa Barat ini,” kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, saat technical meeting Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) di Imah Panggung Adat Kranggan, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Sabtu (9/10/2021).

Pertemuan ini sekaligus pembentukan sekretariat PPSI tingkat Kota Bekasi yang akan disahkan secara langsung oleh DPP PPSI yang berpusat di Kota Bandung.

Dikatakan Tri, pencak silat khas Jawa Barat memiliki karakteristik yang unik. Gerakan pencak silat khas Jawa Barat, katanya, tampak terlihat seperti menari, tetapi merupakan bentuk proteksi diri.

"Budaya warisan leluhur seperti ini memerlukan perhatian khusus dari berbagai elemen, perlu adanya sinergitas antara pemerintah, orang tua dan tentunya turut serta generasi muda sebagai pewaris selanjutnya,” katanya.

Oleh : Mikael Niman / FFS - beritasatu.com