Header Ads

Pemdes Karangsari Cikarang Timur Laksanakan World Cleanup Day Bersihkan Bantaran Kali Kalenderwak

Pemdes Karangsari Cikarang Timur Laksanakan World Cleanup Day Bersihkan Bantaran Kali Kalenderwak

WAJAHBEKASI.COM - CIKARANG TIMUR – Pemerintah Kecamatan Cikarang Timur bersama Pemdes Karangsari melaksanakan kegiatan bersih-bersih yang difokuskan pada pengangkatan sampah di bantaran Kali Kalenderwak, Rabu (15/09/21).

Camat Cikarang Timur, Ropi mengatakan, kegiatan World Cleanup Day hari kedua berlangsung di dua desa, yakni Desa Jatireja dan Desa Karangsari. Fokus kegiatan di Desa Karangsari adalah bantaran kali yang sering terjadinya banjir akibat luapan Kali Kalenderwak.

"Kita lakukan pengangkatan sampah-sampah di sekitar Kali Kalenderwak. Saya sudah sampaikan kepada RT, RW, serta masyarakat sekitar untuk tidak lagi membuang sampah di pinggir kali, kita ingin situasi bantaran kali bersih dari sampah,”ucap Ropi, saat kegiatan WCD di Kali Kalenderwak.

Dirinya menegaskan, bahwa kegiatan ini juga dimaksudkan untuk antisipasi datangnya musim hujan agar tidak ada sampah rumah tangga yang menyumbat aliran air.

"Kita sudah berikan masukan kepada pihak Pemdes untuk dibuatkan TPS di sekitar Kali Kalenderwak, sehingga jangan sampai setelah kegiatan hari ini lalu masyarakat membuang sampah lagi kesini,” ucapnya.

Kepala Desa Karangsari, Bao Umbara mengaku akan menyiapkan tempat pembuangan sampah bagi warga sekitar. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan untuk mengangkut sampah secara berkala sebagai solusi permasalahan sampah liar yang berserakan di bantaran kali.

“Iya, kita akan siapkan bak sampah untuk menampung sampah rumah tangga. Sebelumnya kita sudah sediakan bak sampah untuk TPS namun hancur tergerus banjir," ujarnya.

Umbara mengimbau warga Karangsari untuk menghentikan kegiatan membuang sampah sembarangan ke bantaran kali mengingat musim hujan juga akan segera datang. 

“Pokoknya jangan ada lagi yang buang sampah kesini, Kali Kalenderwak ini langganan banjir maka kita antisipasi sedini mungkin,” ujarnya. [bekasikab.go.id]

Reporter : Nur Rachman Akbar
Editor.    : Yus Ismail