Header Ads

Pelajar di Muaragembong Lakukan Eksperimen Air Citarum Bersama Labtek Apung

Pelajar di Muaragembong Lakukan Eksperimen Air Citarum Bersama Labtek Apung


WajahBekasi.com - Dalam rangka kegiatan Home River Bioblitz 2021 dan Hari Sungai Dunia, para pegiat lingkungan melakukan penelusuran hilir Sungai Citarum dan  bereksperimen dengan Labtek Apung di Desa Pantai Bahagia Muaragembong, Bekasi selama dua hari, pada Sabtu dan Minggu, 25-26 September 2021.

Kegiatan ini melibatkan puluhan murid-murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan MTs Nurul Ihsan Kampung Blukbuk Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong yang dengan antusias melakukan berbagai eksperimen terhadap air sungai Citarum di dekat sekolah mereka.

Novita Anggraeni selaku perwakilan Labtek Apung mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak-anak tentang sungai dan mengenali ragam flora dan fauna yang ada di Sungai Citarum.

"Semoga kegiatan ini dapat mendorong para siswa untuk lebih jauh mengenali dan memiliki kesadaran baru tentang masalah ekologi di lingkungan mereka," terangnya.

Novita mengaku senang, karena sambutan dari para guru dan pelajar di wilayah setempat sangat positif terhadap kegiatan tersebut.

Pelajar di Muaragembong Lakukan Eksperimen Air Citarum Bersama Labtek Apung

Kegiatan ini juga melibatkan Pemdes Desa Pantai Bahagia, Komunitas Jakarta Birdwatcher's, Paguyuban Abang Mpok Kab. Bekasi, Taruna Politeknik KKP Karawang, Himpunan Mahasiswa Muaragembong, Muaragembongkita, serta komunitas lainnya.

Kepala Seksi Penataan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Jessica mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk mengedukasi anak-anak agar lebih mencintai lingkungan di sekitar mereka.

"Kami sangat mengapresiasi teman-teman pencinta lingkungan yang dengan semangat membimbing para siswa yang ada di sekitar bantaran kali khususnya wilayah Muaragembong," ujarnya.

Sementara itu Camat Muaragembong Lukman Hakim mengatakan, kegiatan Labtek Hilir Citarum itu diharapkan menjadi titik awal untuk para pelajar di Kabupaten Bekasi, khususnya Kecamatan Muaragembong untuk lebih mencintai dan peduli terhadap lingkungan hidup.

"Labtek Apung ini menjadi nuansa belajar sambil lebih mendekatkan diri kepada alam yang sangat bermanfaat untuk para pelajar agar mereka lebih peduli terhadap lingkungan," ujarnya. [Bisot/NAP]