Header Ads

Mahasiswa KKN UNS Kelompok 18 Berikan Edukasi Interaktif pada Anak di Masa Pandemi

Mahasiswa KKN UNS Kelompok 18 Berikan Edukasi Interaktif pada Anak di Masa Pandemi



WajahBekasi.com - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah mengadakan kegiatan edukasi anak berupa mewarnai totebag dan pot serta menanam tanaman sayur di daerah Jatimelati, Pondok Melati, Kota Bekasi. Sabtu, (28/8/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan utama yang dilakukan oleh tim Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik "UNS Membangun Desa" periode Juli-Agustus 2021 Kelompok 18. 

UNS menugaskan  3.767 mahasiswa ke seluruh Indonesia yang penempatannya sesuai dengan domisili tempat tinggal untuk mencegah persebaran virus Covid-19.

Kegiatan Edukasi Interaktif ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas anak dalam bidang seni dan juga mengajarkan anak-anak untuk menanam tanaman sayur. 

Tanaman sayur dipilih karena saat sudah tumbuh, tanaman akan dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi masakan dan juga mudah ditanam.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara tim KKN kelompok 18 dengan mengajak peserta kegiatan ini berinteraksi.

Kemudian, kegiatan ini dilanjutkan dengan melukis pot dengan gambar yang bertemakan kemerdekaan dikarenakan bertepatan dengan bulan Agustus di mana merupakan bulan ulang tahun kemerdekaan Indonesia. 

Pada kegiatan ini para peserta diperbolehkan berkreasi sebebas mungkin dengan tema yang telah ditentukan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan melukis totebag dengan tema yang sama. 

Pot yang sudah dilukis kemudian dimanfaatkan sebagai tempat untuk menanam benih pohon kangkung dan cabai. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama. Tas yang sudah dilukis dan tanaman yang sudah ditanam kemudian dapat mereka bawa pulang ke rumah.

Pada kegiatan ini peserta terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikutinya. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan adanya protokol kesehatan dengan membatasi jumlah orang yang dapat mengikutinya dan juga pengadaan masker dan hand sanitizer

Kegiatan ini diharapkan menjadi sedikit oase di tengah bosannya para siswa yang terpaksa bersekolah di rumah dan juga dapat meredakan stress di masa pandemi ini. 

Selain itu juga kegiatan ini diharapkan dapat membantu anak mengasah motoriknya dan kemampuannya dalam bersosialisasi dengan teman sebayanya. 

Reporter: Idzharul Huda
Editor: Bisot