Header Ads

Korelasi ICT Dengan Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis

Korelasi ICT Dengan Kreativitas Dan Inovasi Dalam Bisnis

Penulis: Indri Fatmayanti Mahasiswi STEI SEBI 

Korelasi ICT Dengan Kreativitas dan Inovasi dalam Bisnis

Kreativitas dan inovasi mempunyai peranan yang sangat penting bagi sebuah bisnis, baik itu bisnis yang sudah besar atau pun yanga baru merintis. 

Kenapa penting? karena agar bisnis yang sedang kita jalankan bisa bersaing dengan competitor lainnya, membuat bisnis menjadi lebih unggul dan tetap relevan dalam menghadapi lingkungan yang terus berubah. 

Adapun manfaat dari teknologi informasi bagi bisnis di antaranya adalah: memperluas jangkauan pemasaran, menghemat waktu dan biaya karena informasi yang ada di internet bisa memudahkan ketika melakukan analisa produk, produktivitas meningkat, meningkatkan pelayanan, membuka peluang ekspansi, dll. Intinya TIK itu mempermudah dalam proses kegiatan bisnis.

Supaya bisa lebih paham, yuk simak pengertian TIK, kreativitas, dan inovasi secara singkat dibawah ini.

TIK adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan, dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana / media menggunakan teknologi.

Menurut KBBI kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan atau daya cipta. Kreativitas juga dimaknai sebagai kreasi terbaru dan orisinil. Sebab proses kreativitas mental yang unik dapat menghasikan suatu hal yang baru, orisinil dan berbeda dari yang lainnya. 

Sedangkan inovasi menurut KBBI adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaharuan. Jadi inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya, baik itu gagasan, metode dan alat.

Lalu apa perbedaan antara kreativitas dan inovasi? dari penjelasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa kreativitas itu adalah menciptakan sesuatu hal yang baru, sedangkan inovasi adalah mengubah atau menghasilkan sesuatu yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Bisa dibilang bahwa inovasi itu merupakan bagian dari kreativitas.

Jadi dalam proses kreativitas itu akan menghasilkan sebuah inovasi, dalam prosesnya kreativitas itu membutuhkan ICT. Dalam hal inovasipun membutuhkan ICT, sehingga fasilitasnya itu dari ICT.

ICT memudahkan dalam proses kreativitas. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi itu banyak sekali kebermanfaatannya bagi manusia, termasuk proses kreativitas. TIK sendiri telah banyak membuat perubahan kemajuan industri kreatif di Indonesia.