Header Ads

Apresiasi Kesenian Lokal, Camat Tarumajaya Sambangi Tanjidor Pusaka Group

Apresiasi Kesenian Lokal, Camat Tarumajaya Sambangi Tanjidor Pusaka Group


WajahBekasi.com - Tarumajaya. Camat Tarumajaya mengunjungi kesenian Tanjidor Pusaka Group pimpinan kong Bekong yang berlokasi di kampung Tikungan RT 001/021 Desa Segara jaya, kecamatan Tarumajaya kabupaten Bekasi. Rabu (1/9/21).

Kesenian Tanjidor merupakan kesenian khas Betawi yang saat ini keberadaannya nyaris punah, karena saat ini personil yang dimiliki semua telah mencapai usia manula dan terancam akan punah jika tidak ada regenerasi.

Dede Mauludin camat Tarumajaya kepada Wajah Bekasi mengatakan, bahwa hari ini kami melaksanakan kunjungan ke Tanjidor Pusaka Group yang masih eksis sampai sekarang, dan kami ketahui bahwa grup tanjidor ini personilnya sudah cukup senior .

"Kami datang untuk mengapresiasi grup kesenian ini, kami sudah melihat sendiri kondisi grup tanjidor ini, personilnya sudah tua-tua dan ini merupakan generasi ke lima, dan kami dari pemerintah kecamatan khususnya pemerintah kabupaten Bekasi pada umumnya berusaha agar grup ini tetap eksis."

Apresiasi Kesenian Lokal, Camat Tarumajaya Sambangi Tanjidor Pusaka Group

"Kami akan upayakan ke Dinas Budaya Pemuda dan Olah Raga Bidang Budaya dan Pariwisata agar segera dilakukan pembinaan bagi yang muda agar grup Tanjidor Pusaka ini ada regenerasi dan tidak punah," jelasnya.

Asmat Bakhtiar selaku anak dari kong Bekong Ketua Grup Tanjidor Pusaka berkata bahwa grup tanjidor ini sudah berdiri dari zaman penjajahan Belanda dahulu, dan saat itu sudah generasi kedua.

"Kami selaku generasi kelima dari grup tanjidor Pusaka akan tetap berusaha agak grup ini tetap lestari, walau saat ini personilnya sudah sepuh semua, bahkan sudah ada beberapa yang telah meninggal dunia."

"Kami akan lakukan regenerasi untuk personil dan bisa dilihat saat ini ada personil yang masih muda ikut main dalam tanjidor tersebut, dan saya berharap kepada pemerintah daerah agar ada perhatian terhadap kesenian tanjidor ini dan ada sumbangsihnya agar tanjidor ini tetap eksis dan tanjidor ini tidak punah" ungkap Asmat kepada media.

Hadir pula dalam kesempatan ini Eyang Anjar dan beberapa tokoh kesenian dan budaya Bekasi yang bertempat tinggal di sekitar Kecamatan Tarumajaya. [Idam/Bisot]