Header Ads

Warga Tambun Utara Merias Kambing Layaknya Pengantin Sebelum Disembelih


Bekasi Jawa Barat, wajahbekasi.com, Tradisi merias hewan kurban sebelum disembelih masih dipertahankan oleh salah satu warga di Kampung pisangan Kebon Singkong, Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi.

Proses penyembelihan hewan kurban tersebut diawali dengan seekor kambing yang akan dikurbankan dibalut dengan kain kafan kemudian diberikan kalungan bunga melati serta dirias layaknya pengantin.

Selanjutnya, kambing tersebut dimandikan air yang sudah tercampur kembang tujuh rupa, setelah selesai dimandikan kambing tersebut di rias dan diberikan cermin, baru kemudian disembelih dengan diiringan takbiran.


Zaki Muhammad Drajat panitia kurban menjelaskan, tradisi penyembelihan hewan kurban dengan terlebih dahulu dirias sudah ada sejak lama ditempatnya ia tinggal, namun seiring waktu tradisi tersebut perlahan mulai menghilang dan di munculkannya kembali.

"Tradisi ini sebenarnya sudah ada, sejak lama, sekarang sudah tidak ada lagi. Hari ini ada tiga kambing yang akan dikurbankan, satu yang di kasih riasan" ujar Zaki, Rabu (21/7/2021).


Zaenudin selaku pengamat budaya setempat mengatakan tradisi merias hewan kurban sebenarnya memiliki makna tersendiri. Salah satunya saat diberi cermin, menurutnya cermin simbol untuk manusia agar selalu berinstropeksi diri atas perilakunya selama ini.

"Kenapa cermin, agar kita itu selalu instropeksi diri, jadi kita harus buang semua sifat kehewanan yang ada pada diri kita sebagai manusia" jelas pria yang akrab disapa Bang Zay, yang akan mempertahan tradisi ini slamanya.


Meski tidak semeriah pelaksanaan kurban pada tahun-tahun sebelumnya, penyembelihan kurban kali ini tetap terlaksana dengan  batasan-batasan dari adanya aturan penerapan PPKM Darurat. (Y2n).