Header Ads

Strategi CCEP Sebarkan Produk Melalui Digitalisasi ‘Warung Pintar’

Strategi CCEP Sebarkan Produk Melalui Digitalisasi ‘Warung Pintar’


Wajahbekasi.com, Warung Pintar Group mengumumkan kerjasama dengan perusahaan FMCG (barang konsumsi) terdepan di dunia, yakni Coca-Cola Europacific Partners Indonesia atau CCEP Indonesia.

Kerjasama ini dilakukan untuk digitalisasi sistem distribusi ke warung maupun toko kelontong tradisional tanpa mendisrupsi distributor resmi yang sudah bekerja sama dengan CCEP Indonesia.

Selain itu, hal itu dilakukan sebagai bentuk strategi CCEP untuk mendapatkan data persebaran produk yang lebih transparan. Sehingga nantinya bisa digunakan sebagai dasar dalam menginisiasi strategi distribusi maupun pemasaran secara optimal.

Dengan Kerjasama antara CCEP Indonesia dan Warung Pintar Grup ini, memungkinkan CCEP Indonesia untuk mendapatkan transparansi data konsumen dan potensi persebaran produk ke lebih 500.000 warung di dalam ekosistem Warung Pintar Grup.

Sehingga kedepannya, jumlah warung akan terus bertambah seiring degan pertumbuhan Warung Pintar yang ditargetkan memiliki 1.000.000 warung dalam tiga tahun ke depan.

Menurut Direktur Marketing Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, Lakshman Peiris, alur distribusi tradisional yang berlapis, sebagai penghambat pertumbuhan dan efisiensi sebagai salah satu jalur distribusi terbesar di Indonesia.

Dikatakan Lakshman, dengan informasi persebaran produk yang didapat oleh stakeholder dalam ekosistem warung masih asimetris. 

Untuk brand, hal ini mengakibatkan perencanaan strategi yang tidak tepat sasaran dan pemilik warung yang mendapatkan harga stok barang lebih tinggi dari seharusnya.

“Sebagai sebuah bisnis, kami secara konsisten berinvestasi dalam sistem dan teknologi terdepan, untuk mendukung proses manufaktur dan distribusi di Indonesia. 

Saat ini kami memperluas upaya disrupsi digital ke garda depan bisnis untuk mendukung strategi pertumbuhan sebagai fokus utama dengan memanfaatkan berbagai channel online yang ada,” kata Lakshman,

“Pelanggan kami, termasuk outlet general trade merupakan bagian terpenting dan vital dari bisnis CCEP Indonesia. Dan kami komitmen untuk menciptakan berbagai peluang dalam memberikan layanan yang cepat dan terbaik bagi mereka, termasuk melalui investasi di bebagai saluran digital untuk perluas jalur distribusi kami di Indonesia,” tambahnya.

Menurutnya, Warung Pintar Group hadirkan solusi terlengkap dalam ekosistem warung sejak berdiri tahun 2017. Warung Pintar Group terus mengembangkan solusi teknologi terintegrasi yang menjawab permasalahan di setiap level distribusi dalam ekosistem warung, mulai dari brand, distributor, pedagang grosir, hingga pemilik warung.

“Bagi brand, seperti CCEP Indonesia, ungkap Lakshman, mereka tidak hanya mendapatkan data distribusi yang relevan, tetapi juga dapat langsung menerapkan strategi distribusi dan pemasaran yang lebih cepat, efisien, dan terarah dalam ekosistem Warung Pintar Group,” ungkapnya.

Sementara CEO Warung Pintar Group, Agung Bezharie mengungkapkan, digitalisasi channel tradisional yang diciptakan oleh Warung Pintar Group bertujuan untuk menghadirkan transparansi informasi guna membantu semua pihak dalam menciptakan strategi distribusi produk dan pemasaran yang efektif dan menguntungkan bagi seluruh ekosistem warung.

Ditambahkan Agung, kerjasama dengan CCEP Indonesia ini, untuk validasi keberadaan Warung Pintar Group dalam menjawab permasalahan seluruh pihak dialur distribusi general trade dari berbagai skala. 

Begitu pun brand, dimana layanannya mampu menjawab permasalahan brand dari skala terkecil hingga yang paling besar, seperti CCEP Indonesia.

“Warung Pintar Group sebagai mitra strategis dalam alur distribusi digital CCEP Indonesia, dan menjalin hubungan kerjasama dengan Bizzy Digital, anak perusahaan Warung Pintar Group terhitung awal 2020 silam. Kerja sama yang terjalin ini, turut menjadi solusi bagi para pemilik warung dan toko kelontong dengan menambah jejeran produk yang dapat diakses lewat Aplikasi Warung Pintar,” bebernya.

Lakshman Peiris juga menambahkan, lewat Warung Pintar Group, para pemilik warung dan toko kelontong juga dapat memenuhi barangnya langsung dari brand. 

Sehingga memperoleh kepastian akan ketersediaan produk dan harga yang adil. Keuntungan lain yang diperoleh berupa layanan logistik dengan ongkos kirim gratis yang tiba keesokan harinya, bahkan di hari yang sama lewat layanan Grosir Pintar.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Warung Pintar Group sebagai salah satu mitra strategis kami dalam memperluas channel B2B CCEP Indonesia. Kami percaya, bahwa melalui kolaborasi ini, Warung Pintar Group akan mendukung upaya kami untuk bertumbuh lebih pesat melalui penyediaan data dan integrasi channel distribusi, serta mengoptimalkan inisiatif pemasaran,” tambah Lakshman Peiris.

“Dengan bergabungnya Bizzy Digital dan Warung Pintar, kami berharap dapat memperluas peluang baru di pasar dan memberikan manfaat positif bagi semua outlet di ekosistem ini,” ujarnya. ( Are)