Header Ads

Normalisasi Kali Malang Membuat Malang Nasib Kali Cikarang

Normalisasi  Kali Malang  membuat malang Nasib Kali Cikarang


WajahBekasi.com - Normalisasi Kali Malang terjadi selama puluhan tahun dan menghasilkan  sampah  eceng gondok ribuan ton per tahunnya yang dialirkan ke Kali Cikarang.

Eceng gondok tersebut membusuk lewat proses kimiawi yang mengubah bentuk batang dan daun  menjadi lumpur hitam pekat yang terlarut dalam air. 

Memasuki awal musim panas 2021 ini terlihat tumpukan sampah plastik yang bercampur dengan plastik  dan tumbuhan air lainnya.  Tampak dengan jelas jumlahnya sampai menutuipi  permukaan Kali Cikarang dan ini sudah berlangsung  selama puluhan  tahun.  

Ini merupakan  hasil dari  Normalisasi  Kali Malang yang terjadi  pada wilayah setelah  Sifon  wilayah Karawang. Dari hasil pantauan tim #bamboofoundation mendapati fakta bahwa sampah Eceng Gondok tersebut lebih banyak dialirkan  ke Kali Cikarang dari pada Kali malang yang berhilir di Cawang Jakarta.  

Banyaknya sampah hasil normalisasi tersebut akan membuat sendimentasi parah sepanjang Kali Cikarang sampai ke hulu karena jumlahnya bisa ribuan ton dalam satu kali proyek normalisasi  tersebut.  

"Seharusnya sampah Eceng Gondok yang bercampur plastik itu dijaring agar tidak menumpuk dan menyebabkan debit air berkurang sehingga menyulitkan petani dan merusak ekosistem yang masih ada," ujar Eko Jatmiko ketua #komunitassavekalicikarang .

Seraya menambahkan "Sistem normalisasi  tebas potong  pada Das  Kali Malang adalah solusi yang tidak tepat  karena hanya memindahkan masalah  bukan menyelesaikan masalah secara integral seperti di wilayah Bendungan  Sukajaya yang airnya hanya setengah  meter akibat sedimentasi  yang salah satu penyebabnya  adalah Eceng Gondok  hasil  normalisasi  tersebut ".

Normalisasi  adalah suatu kegiatan pemeliharaan sungai. 

Normalisasi dalam arti sebenarnya yaitu mengembalikan bentuk sungai sesuai dengan peruntukan serta bentuk awalnya

Normalisasi mestinya mengikuti bentuk sungai, bukan menjadikan sebagai sungai yang lurus dan pinggir sungai dibeton seperti saat ini di Kali Cikarang yang di beberapa  Das-nya  telah diubah  bentuknya demi kepentingan Industrinya. Otomatis, akan mematikan ekosistem dan longsor akibat  debit air yang terlalu cepat sehingga  lebih cepat  menggerus bahu Sungai.  

Salam lestari 

Press Release Litbang #Bamboofoundation