Header Ads

Kawali Bekasi Raya Tuntut Pemkot Bekasi Benahi Ruang Terbuka Hijau Yang Tidak Sesuai Fungsi

Kawali Bekasi Raya Tuntut Pemkot Bekasi Benahi Ruang Terbuka Hijau Yang Tidak Sesuai Fungsi

Wajah Bekasi, BEKASI - Koalisi Kawali Indonesia Lestari Wilayah Bekasi Raya Provinsi Jawa Barat, Organisasi yang bergerak di bidang Lingkungan Hidup Membantu dan mendukung Kerja Kementrian dan Dinas Lingkungan Hidup setempat dan sebagai sosial kontrol (social control) yang perduli terhadap Lingkungan Hidup.

Ketua KAWALI Bekasi Raya "Yopi Oktavianto" mengatakan bahwa, Berdasarkan adanya informasi yang masuk ke Kawali terkait alih fungsi lahan Ruang Terbuka Hijau ( RTH) di Kota Bekasi yang kerap di alih fungsikan pemanfaatannya menjadi lahan yang tidak pada peruntukannya, sehingga ketersediaanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota bekasi tidak mencapai target 30%.

Di mana berdasarkan Peraturan Menteri Perkejaan Umum Nomor 5 tahun 2008 tentang pedoman penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan . 30 % RTH dengan peruntukan sebesar 20 % RTH publik dan 10 % RTH private. Selain itu fungsi pemanfaatan Hutan 

Kota banyak yang di alih fungsikan untuk kawasan kuliner hams di evalusi dan di tata ulang kembali sesuai dengan fungsinya. 

Fungsi Ruang Terbuka Hijau yang berada di Kota Bekasi. Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. 

Lanjutnya, Kami kepada Walikota Bekasi untuk mengevaluasi kinerja Dinas Tata Ruang Kota Bekasi dalam bidang pengendalian Ruang Terbuka Hijau. 

Kami mendesak Walikota Bekasi untuk segera menyediakan Ruang Terbuka Hijau sebesar 30% dari luas Wilayah, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Tata Ruang.

Hanan Tarya Staf Ahli Pemerintah Kota Bekasi menerima langsung massa aksi yang diwakili oleh Yopi Oktavianto, Mabrur, Edvin Gunawan, Muhaidin Darma.

Kawali Bekasi Raya Tuntut Pemkot Bekasi Benahi Ruang Terbuka Hijau Yang Tidak Sesuai Fungsi

"Pak Wali tidak bisa ikut serta dalam menemui teman-teman dari Kawali Karna ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan, Aspirasi yang dituntut Kawali Bekasi Raya akan ditampung dan dijadikan evaluasi bersama pastinya bersama Walikota Bekasi." tutupnya (red).