Header Ads

IRTRA Sembilangan Inisiasi Kepedulian Lingkungan Melalui GEBRAK 2020

IRTRA Sembilangan Inisiasi Kepedulian Lingkungan Melalui GEBRAK 2020

Babelan - WajahBekasi.com. Ikatan Remaja Putra Putri (IRTRA) Sembilangan berencana untuk melaksanakan salah satu program kerjanya melalui sebuah kegiatan Aksi Gerakan Bersih Merakyat (Gebrak). Gebrak IRTRA 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2020. 

Adapun maksud dari kegiatan Gebrak 2020 yaitu kegiatan yang mengutamakan keikutsertaan pemuda dan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dengan cara menyimpan, memilah, mengolah, dan memanfaatkan sampah harian yang dihasilkan dari rumah setiap harinya dengan pendekatan 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

"IRTRA melaksanakan kegiatan ini atas dasar kesadaran sebagai pribumi dan keresahan dengan belum adanya pengelolaan sampah di Kampung Sembilangan, ditambah semakin familiarnya kampung ini sebagai destinasi daerah wisata. Melalui gerakan ini nantinya Sembilangan akan memiliki bank sampahnya sendiri sebagai wadah pengelolaan sampah secara mandiri dan pastinya hal ini akan mengurangi jumlah sampah di lingkungan maupun aliran kali," ungkap Abdul Hakim, ketua umum IRTRA. Jumat, 9 Oktober 2020.

Selanjutnya Hakim menjelaskan mengenai 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Reuse yaitu tahapan menggunakan kembali sampah yang masih layak digunakan dengan manfaat yang sama atau menjadikan barang guna pakai lainnya. Reduce sebagai tindakan mengurangi penggunaan barang sekali pakai yang memiliki potensi menjadi sampah, dan terakhir Recycle adalah tindakan mengelola sampah menjadi barang lain yang memiliki nilai ekonomis dan mengutamakan kreativitas dalam pengelolaanya. 

Program GEBRAK 2020 juga didukung oleh bank sampah yang akan menerima hasil sampah yang telah disimpan dan dipilah untuk selanjutnya diolah menjadi produk kreativitas yang memiliki nilai ekonomi guna menambah sumber penghasilan tambahan bagi pemuda dan masyarakat.

Kegiatan GEBRAK 2020 juga diarahkan sebagai sarana bagi pemuda, masyarakat dan komunitas di wilayah Kabupaten Bekasi untuk saling mempererat silaturahmi, persahabatan, persatuan serta kesatuan melalui kegiatan mencintai lingkungan tempat tinggal dan ekosistem sungai maupun laut sehingga pada pelaksanaannya sangat membutuhkan peran serta dukungan dari seluruh elemen masyarakat, pemerintahan, dan sahabat komunitas.

Mari ikut serta dan ulurkan tangan dengan niat yang baik, menjadi masyarakat yang cinta lingkungan bersih dan aman. [Iphi]