Header Ads

HUT Jamkeswatch Ke-6, Relawan Harap Pemerintah Tingkatkan Sarana Pelayanan Kesehatan

HUT Jamkeswatch Ke-6, Relawan Harap Pemerintah Tingkatkan Sarana Pelayanan Kesehatan

Pada hari ulang tahun Jamkeswatch Ke-6 yang jatuh pada hari ini, Rabu, 23 September 2020, seorang warga Babelan, Hasbie Noer mengucapkan terima kasih kepada relawan Jamkes yang telah mendampinginya mengurus administrasi rumah sakit saat persalinan istrinya dimana ia belum mendapatkan pekerjaan setelah di-PHK awal tahun lalu.

"Senin lalu istri saya Alhamdulillah bisa melahirkan dengan selamat setelah awalnya ditolak rumah sakit karena masalah aktivasi BPJS, untunglah ada relawan Jamkeswatch yang mendampingi kami mengurus KIS sehingga istri saya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan" ungkap Hasbie kepada media.

M. Rifai, salah seorang relawan Jamkeswatch menjelaskan bahwa Jamkeswatch adalah salah satu sayap organisasi di bawah naungan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

"Salah satu tujuan terbentuknya Jamkeswatch adalah untuk melakukan kontrol dan pengawasan dijalankannya UU 40 Tahun 2004 tentang SJSN (Sistem Jaring Sosial Nasional). Setelah sekian lama, pada tahun 2011 organisasi buruh menuntut dijalankannya SJSN sebagaimana diamanatkan oleh dalam undang-undang," tambah Fai.

https://2.bp.blogspot.com/-sqhobXwchQ4/W9wFdsJQ8KI/AAAAAAAAAGY/0_rvu-TpI3M0LxyZRphXeOMyNAG3uA2HgCEwYBhgL/s1600/FB_IMG_1537751332090.jpg
Relawan Jamkeswatch bersama Obon Tabroni Pembina Nasional Jamkeswatch

Di hari jadi Jamkeswatch yang ke 6 ini, Fai juga berharap agar ada peran dari pemerintah baik pusat maupun daerah baik di RS pemerintah maupun RS swasta untuk meningkatkan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan serta pelayanan kesehatannya.

"Saya berharap tidak ada lagi pasien yang terlantar dikarenakan kurangnya fasilitas kesehatan seperti nicu picu dan icu, serta tidak ada lagi orang miskin dilarang berobat karena pada dasarnya sehat adalah hak rakyat."

"Dan motivasi untuk kawan-kawan relawan Jamkeswatch adalah teruslah berbuat baik, teruslah berbagi kebaikan, teruslah membantu mereka yang sedang dalam kesulitan, karena kerja ikhlasmu menorehkan kebahagiaan dan melukiskan senyuman  bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan dan kesusahan untuk mendapatkan manfaat jaminan kesehatan."

Semangat bekerja keras pejuang kemanusiaan. Selamat Harlah Ke 6 Jamkeswatch. Insyaallah Tuhan akan membalas dengan beribu-ribu kebaikan dari apa yang kawan-kawan lakukan!." tutup Fai. [Adzka Aulia]