Header Ads

Syuting Kesenian di Sunge Jingkem Menarik Perhatian Warga



Syuting Kesenian di Sunge Jingkem Menarik Perhatian Warga

WajahBekasi.com - Sunge Jingkem - Tarumajaya. Rabu, 22 Juli 2020, Destinasi Ekowisata Mangrove Sunge Jingkem di Kampung Sembilangan Desa Samuderajaya Tarumajaya yang biasanya lengang dan sepi di hari biasa mendadak dikunjungi penggiat seni budaya. Para seniman itu adalah personil dari Supados, Tanjidor Pusaka dan Perguruan Silat Cinong Bekasi. Kedatangan para penggiat seni budaya tersebut dalam rangka syuting perekaman atau liputan dan pengambilan gambar oleh TVRI Jawa Barat. 

Pengelola Sunge Jingkem, Heriyansyah mengaku acara dadakan tersebut diketahui sehari sebelum acara sehingga mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk acara ini.

"Pihak pengelola baru menerima kabar tadi malam (Selasa, 21 Juli 2020) sehingga persiapan sangat minim, namun saya dan teman-teman hadir dan mencoba semaksimal mungkin agar acara ini berjalan lancar," ungkap Heriyansyah selaku Sekjen Forum Pemuda Peduli Lingkungan (FPPL) Sembilangan, organisasi pemuda yang mengelola Sunge Jingkem.
Syuting Kesenian di Sunge Jingkem Menarik Perhatian Warga
Dimulai dengan permainan Tanjidor dari Tanjidor Pusaka Grup yang membawakan beberapa lagu Betawi dan Sunda, proses liputan tersbeut berjalan lancar dengan dilanjutkan peragaan permainan uji ketangkasan "Ujungan" yang dimainkan oleh para pesilat dari Perguruan Silat Cinong Bekasi. Acara kemudian ditutup dengan permainan Calung dan candaan-candaan khas dari Supados Grup yang menghibur para hadirin saat itu.

Para penggiat seni ini berkumpul atas inisiasi dari Grup Supados yang ingin mereka tampil bersama dalam satu liputan yang mempertunjukkan kesenian yang masih ada di sekitar pesisir Bekasi.

"Kami dari Cinong Bekasi hadir memperagakan aksi ketangkasan Ujungan atas permintaan Grup Supados, semoga upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan kesenian dan kebudayaan yang digagas Grup Supados ini dapat berjalan sukses dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Terima kasih kepada Grup Supados yang telah memperkenankan kami berpartisipasi dalam acara ini," ungkap Kong Mitra salah seorang pemain Ujungan dari Babelan.

Jamiludin, salah satu pengurus Ekowisata Sunge Jingkem mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih kepada penyelenggara, Grup Supados dan tim, TVRI Jabar serta para pihak yang telah membuat acara tersebut berjalan lancar hingga selesai.

"Saya, dan pengurus serta pengelola Sunge Jingkem berterimakasih kepada penyelenggara dan tim yang telah memilih lokasi perekaman di Sunge Jingkem. Mohon dimaafkan jika ada yang kurang berkenan," ucap Jamil menutup wawancara.

Reporter: Alvin, Mega, Amel