Header Ads

Mahfudz Abdurrahman "mari merawat kebhinekaan dan memperkokoh persatuan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik"


Wajahbekasi.com , Pancasila merupakan suatu ideologi dasar bagi negara Indonesia dan merupakan rumusan serta pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai definisi dan pengertian Pancasila secara umum, secara etimologis dan menurut para ahli.

Pancasila merupakan sebuah kesepakatan bersama bangsa Indonesia yang mementingkan semua komponen. Pancasila memiliki lambang burung garuda, di dalamnya terdapat gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas. Tiap lambang mencerminkan arti dari setiap sila-sila Pancasila dari sila pertama sampai sila kelima.

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan) pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Dan sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari "Lahirnya Pancasila". Jadi ketika bicara Pancasila semua sudah final dan mengikat ,Mahfudz Abdurrahman 

"Mari merawat kebhinekaan dan memperkokoh persatuan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik ,  sebagai warga bangsa bersama kita jaga dan merawat Pancasila dengan baik dan benar." (are)