Header Ads

WARGA KAMPUNG PINTU AIR LAKSANAKAN SHOLAT IDUL FITRI 1441 H DI MASJID AL-INAYAH HARAPAN MULYA KOTA BEKASI


Wajahbekasi.com ,  Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengizinkan warganya melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 H di masjid.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama Nomor 451.1/Kep.316-Kessos/V/2020 Nomor B/200/V/2020 tanggal 20 Mei 2020 tentang pelaksanaan Shalat Idul Fitri di tengah pandemi COVID-19, terdapat sejumlah syarat pelaksanaannya.
Surat itu ditandatangani oleh pimpinan daerah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Adapun syaratnya adalah kelurahan tempat warga bermukim harus berkategori zona hijau, artinya daerah itu terbebas dari paparan virus corona (COVID-19).

Suasana khidmat dan penuh kebersamaan terpantau oleh awak media, di salah satu masjid di wilayah Kel. Harapan Mulya yang diizinkan yakni Masjid Jami Al Inayah yang digunakan oleh warga muslim Kp. Pintu Air.

Shalat Idul Fitri 1441 Hijriyah di Masjid Al Inayah setidaknya dihadiri hampir 1000an jamaah. Hal ini nampak di halaman rumah para tetangga masjid turut penuh dengan jamaah sholat Idul Fitri dengan beralaskan terpal dan sajadah yang dibawa masing masing dari rumah sesuai himbauan panitia pelaksana. (Minggu, 24 Mei 2020). 

Shalat Id dilaksanakan pukul 06.45 WIB, namun warga telah berdatangan ke masjid ini sejak pukul 05.30 WIB. Adapun yang bertugas sebagai khotib Sholat Idul Fitri adalah Ust. Moh. Deden Edwin, S.Sos yang mampu membawa jamaah larut dalam kesedihan saat bermuhasabah dan doa bersama, Imam Ust. Fathullah Muhit, Bilal Ust. Nanang Qasim dan pemimpin takbir Saudara Muhammad Yaman dan Karya Gunawan.

Meskipun shalat dilakukan di dalam dan halaman masjid serta di halaman rumah tetangga masjid, namun warga tetap menerapkan protokol kesehatan mulai dari mandi, menggunakan masker, cek suhu tubuh dan menjaga jarak serta mencuci tangan saat hendak memasuki area masjid. Bahkan pelaksanaan sholat Idul Fitri dijaga dengan tiga lapis pengamanan.

Hal ini disampaikan oleh Ustadz Zainuddin salah satu tokoh pemuda yang mewakili 50an orang panitia pelaksana kepada awak media.

"Alhamdulillah warga muslim Kp. Pintu Air sangat berbahagia dapat melaksanakan sholat Idul Fitri ini sebagai bentuk rasa syukur di hari kemenangan, namun kami selaku panitia tetap menghimbau kepada seluruh jamaah yang akan hadir untuk dapat menerapkan protap COVID 19 yang sudah ditentukan, bahkan kita melakukan penjagaan sampai 3 lapis, mulai ring terluar untuk mencegah warga dari luar Kp. Pintu Air sampai ring terdalam di dalam masjid untuk mengecek kondisi jamaah agar tetap menjaga jarak aman". Tuturnya.

Panitia pelaksana memberi tanda jarak di lantai masjid dengan lakban biru agar warga tak berdekatan dan tetap menjaga jarak saat beribadah. Tak hanya itu, tempat cuci tangan dengan sabun dan hand sanitiezer juga ada di beberapa titik di halaman masjid.

Di Kota Bekasi sendiri, terdapat setidaknya 41 kelurahan zona hijau yang diperbolehkan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 H di masjid maupun di halaman. Salah satunya warga Kp. Pintu Air di Masjid Jami Al Inayah, Kelurahan Harapan Mulya, Kota Bekasi.(zae/re)