Header Ads

Peluang dan Geliat Bisnis Jual Beli dan Sewa Apartemen di Bekasi

Peluang dan Geliat Bisnis Jual Beli dan Sewa Apartemen di Bekasi

Kota Bekasi sebagai daerah penyangga terdekat dengan Ibu Kota Jakarta adalah sebuah daerah yang sangat potensial untuk bisnis property. Setiap hari, ada banyak warga Bekasi yang menjadi komuter menuju Jakarta untuk bekerja. Sementara secara keseluruhan kawasan ini dipadati oleh sekitar 3 juta jiwa atau metropolitan keempat terpadat di Indonesia. 

Jumlah populasi tersebut merupakan pangsa pasar potensial yang akan memberikan prospek bagus untuk bisnis apartemen termasuk bisnis sewa apartemen bulanan dan tahunan. Dengan rentang harga Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar saja, pasar Bekasi bisa menyerapnya. Pasar dan sewa apartemen Bekasi dapat dikatakan masih terhitung dinamis dan sehat walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Mart Polman, Managing Director Lamudi.co.id pernah mengatakan mengatakan, meningkatnya jumlah pencarian apartemen di Bekasi disebabkan karena rata-rata harga apartemen di sana lebih murah jika dibandingkan dengan kawasan penyangga lainnya seperti Tangerang contohnya.  

“Apalagi saat ini di Bekasi sedang banyak dibangun sarana infrastruktur seperti tol Becakayu dan LRT. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli apartemen” kata Mart dalam siaran persnya.    

Peluang dan Geliat Bisnis Jual Beli dan Sewa Apartemen di Bekasi

Berbicara mengenai tren pencarian properti, beberapa waktu lalu lamudi juga sempat mengadakan survei tentang apartemen yang paling banyak dicari di Bekasi melalui google dan berikut ini adalah hasilnya:   

Meikarta

Proyek ini merupakan sebuah kota mandiri yang dibagun di Cikarang, Bekasi. Meikarta dibangun di atas lahan seluas 500 hektar, di sana nantinya Lippo Group sebagai pengembang akan membangun beragam fasilitas mulai dari apartemen, perkantoran, pusat pendidikan, pusat perbelanjaan dan lain-lain. Kendati tersandung kasus suap, tren pencarian apartemen Meikarta sepanjang tahun 2018 cukup tinggi, yakni mencapai 162.000 orang.

Vasanta Innopark

Vasanta Innopark dikembangkan oleh PT Sirius Surya Sentosa, yakni sebuah superblok yang dibangun di atas lahan seluas 12 hektar. Apartemen ini berada di  di kawasan Cikarang Barat, tepatnya di kawasan Industri MM2100. Jumlah pencarian Vasanta Innopark melalui google cukup tinggi, sepanjang tahun 2018 lalu ada 19.200 orang. 

Chadstone Cikarang

Chadstone Cikarang merupakan sebuah proyek superblock yang dibangun oleh PT Pollux aditama Kencana. Proyek ini dibangun di kawasan Cikarang, Chadstone sepanjang tahun 2018 lalu menjadi apartemen ketiga yang paling banyak dicari di Bekasi dengan total pencarian mencapai 5.760 orang.   

Wismaya Residence

Wismaya Residence dikembangkan di kawasan Margahayu, Bekasi. Apartemen yang menyediakan jumlah unit sebanyak 2.317 tersebut sepanjang tahun 2018 lalu banyak mendapat perhatian publik, terbukti tahun ada sekitar 5.560 orang yang mencarinya melalui google.  

The Oasis      

Di kawasan Cikarang masih ada apartemen lainnya yang menjadi incaran pembeli, yaitu apartemen The Oasis. Apartemen yang dibangun oleh Cowell Development tersebut dibangun dengan konsep superblok. Tahun 2018 lalu, apartemen The Oasis menjadi salah satu proyek yang banyak dicari melalui dunia maya, setidaknya ada sekitar 2.520 orang yang mencari apartemen ini.

Melihat potensi bisnis apartemen yang terus bergeliat di kawasan Bekasi, ke depan kemungkinan akan lebih banyak pengembang yang berinvestasi di kawasan metropolitan ini. Hak ini baik untuk konsumen, dengan lebih banyak pilihan maka persaingan harga akan semakin sehat dan membuka peluang di berbagai segmen konsumen.