Header Ads

Manajemen Strategi dalam Memanfaatkan Waktu

Manajemen Strategi dalam Memanfaatkan Waktu

Penulis: Nurul Salma Muthmainnah 
Mahasiswi STEI SEBI

Manajemen Strategi dalam Memanfaatkan Waktu

Kehidupan manusia dari awal sampai akhir melalui sebuah jembatan yang tidak mungkin seseorang untuk berbalik arah apabila sudah sampai di depannya. Dialah waktu yang memberi pilihan kepada manusia itu sendiri akan bagaimana akan memanfaatkannya atau bahkan melalaikannya. 

Sebagaimana hadits Rasulullah “Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang” (HR.Bukhari). 

Kawan, sejarah kita sebagai seorang manusia adalah tentang waktu yang berlalu baik sehari yang lalu, sebulan yang lalu, atau berapa pun waktu yang telah Tuhan tentukan untuk kita hidup di dunia ini. 

Musuh terbesar bagi manusia adalah dirinya sendiri. Bagaimana ia akan sukses mempergunakan waktunya atau bahkan sebaliknya lalai dengan kehidupannya.

Strategi merupakan hal sangat penting dalam memulai sebuah pergerakan. Strategi merupakan hal yang sangat penting karena merupakan sebuah rencana bagi kita untuk melakukan sesuatu.  Strategi bukan tidak lebih dari sebuah rencana. 

Rencana yang membuat target kita menjadi lebih efisien. Dengan cara ini, ketika kita ingin menempatkan upaya untuk melakukan sesuatu yang penting, tujuan akan cepat tercapai. Jadi bagaimana sih cara manajemen dan menyusun strategi agar waktu kita berjalan dengan efektif?

Pertama, kita harus menyusun planning untuk ke depannya, karena perencanaan itu menjadikan kita lebih terarah dalam mencapai tujuan, jadi hidup kita bukan hanya berjalan mengikuti arus tanpa jelas tujuannya ke mana. 

Pastikan rencana itu merupakan hal rasional yang sekiranya kita mampu untuk melakukannya, tidak perlu rencana yang muluk-muluk toh pada akhirnya tidak terlaksana. Juga hal yang direncanakan harus merupakan hal yang jelas dan spesifik. 

Nah, kemudian mulailah perlahan untuk melakukan hal-hal yang telah kita rencanakan dan kita harus yakin akan menjalaninya, lakukan dengan perlahan-lahan tidak perlu terburu-buru. 

Apabila kita menulis sebuah perencanaan di buku/blog atau apapun itu media tulis maka, kemungkinan besar hal tersebut akan tercapai. Dari tulisan tersebut kita bisa mengevaluasi hal-hal yang sudah/belum tercapai dan apakah kita sudah mengisi waktu kita dengan hal-hal bermanfaat. Semoga kita semua dapat memanfaatkan waktu kita secara produktif tanpa ada hal yang sia-sia.