Header Ads

Cara Membuat Masker Tanpa Jahit untuk Mencegah Penularan Corona

Cara Membuat Masker Tanpa Jahit untuk Mencegah Penularan Corona

Salah satu cara pencegahan penularan virus corona adalah dengan menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Anda tentu saja tidak akan selamanya berada di dalam rumah ketika masa isolasi ataupun karantina selama wabah virus covid-19 ini. Dimana ada beberapa hal yang harus dilakukan di luar rumah termasuk yang masih bekerja, belanja kebutuhan bahan pokok, ke ATM, dan juga ke berbagai tempat lainnya yang memungkinkan untuk penularan virus covid-19. Sehingga untuk melindungi dari ancaman tersebut maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan masker. Masker sendiri merupakan langkah pencegahan yang efektif apabila memilih masker dan juga penggunaan masker yang tepat.

Di mana ketika akan memilih masker tersebut, beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut ini:
  • Pertama adalah dengan memilih jenis masker yang tepat untuk dapat mencegah penyebaran covid-19 yang efektif. Pilihlah jenis masker yang dapat mencegah partikel asing termasuk juga virus untuk masuk ke tubuh lebih hidung dan mulut.
  • Selanjutnya memilih bahan masker yang digunakan dengan memilih bahan yang mempunyai daya serap yang terbaik.
  • Selanjutnya bisa untuk memilih model masker yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Memilih masker yang mempunyai ukuran yang tepat untuk digunakan.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut maka Anda bisa untuk memilih masker terbaik yang bisa digunakan. Dimana untuk salah satu jenis masker yang bisa Anda gunakan adalah masker yang dapat dibuat sendiri. Karena penyebaran virus corona yang masih masif salah satu dampak yang dirasakan adalah susahnya untuk mendapatkan masker yang terbaik. Jenis masker seperti N95 dan juga masker bedah yang merupakan jenis masker terbaik untuk mencegah penularan virus covid-19 sangat langka dan juga harganya mahal. Oleh karena itulah bagi Anda yang ingin mencegah penularan virus ini dapat untuk membuat masker sendiri di rumah.


Model masker yang dapat dibuat sendiri ada dua yaitu yang tidak menggunakan jahitan atau yang dapat menggunakan mesin jahit. Model masker ini dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Dimana untuk model jahit biasanya digunakan untuk yang memakai hijab sehingga dapat ditalikan ke belakang, sedangkan untuk masker tali yang tanpa jahit bisa untuk disematkan di telinga ketika digunakan. Ketika akan membuat masker tanpa dijahit ini sendiri sangat mudah yaitu dengan mempersiapkan bahannya terlebih dahulu dan baru kemudian dapat membuatnya dengan mudah.


Menurut CDC, jenis masker kain yang dibuat tanpa harus menjahit adalah untuk jenis earloop. Sehingga penggunaan masker ini juga sangat mudah dan cocok dipakai siapa saja. Masker ini juga lebih kencang dan tidak akan mudah lepas karena kencang ketika disematkan di telinga. Untuk membuat masker ini sendiri dapat menyiapkan dua bahan yang diperlukan yaitu kain katun yang mempunyai bahan paling baik untuk membuat masker. Selanjutnya bisa menyiapkan karet elastis yang akan digunakan untuk tali yang menyematkan masker di telinga


Membuat masker tanpa jahit ini sangat mudah yaitu dengan cara mencucinya terlebih dahulu dan tunggu hingga kering. Setelah itu baru mengukur panjang kain yang disesuaikan dengan ukuran wajah agar dapat melindungi dari penularan virus corona. Kemudian Anda bisa untuk membuat masker menjadi tiga lipatan, sempatkan karet, dan masker siap untuk digunakan. Selain menggunakan masker sendiri ada berbagai cara pencegahan penularan virus covid-19 lainnya yang informasi lengkapnya bisa didapatkan lewat website Halodoc.