Header Ads

Ridwan Kamil Perintahkan Dinas Beri Sanksi Tegas Kepada Pengajar Yang Melakukan Kekerasan


Ridwan Kamil telah memerintahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat agar memberikan sanksi tegas terhadap guru SMAN 12 Bekasi yang melakukan pemukulan kepada muridnya. Sanksi yang diberikan tersebut berupa pemecatan sebagai pengajar dan mencopot jabatannya. 

Menurut Gubernur Jawa Barat, hal itu dilakukan, karena tidak sepatutnya seorang guru yang seharusnya mengajar dengan penuh kasih sayang justru memukuli muridnya hanya karena terlambat datang sekolah. 

"Karena murid itu melihat guru sebagai orangtua. Maka kalau sebagai orangtua mendidiknya harus dengan kasih sayang bukan kekerasan. Saya imbau supaya semua guru menjadikan peristiwa ini sebagai hikmah dan pelajaran dan tentunya yang bersangkutan sudah diberi tindakan tegas oleh Pemprov," terang Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (14/2/2020). 

Menurutnya, seorang guru yang memberikan pengajaran dengan cara kekerasan terhadap muridnya tidak bisa dibenarkan. Mengingat potensi yang dimiliki setiap anak berbeda-beda. Karena itu, ia mengimbau kepada seluruh guru untuk lebih bersabar dalam mendidik murid di sekolahnya. 

"Saya imbau kalau sudah punya niat berprofesi sebagai guru harus sabar. Karena anak itu karakternya beda-beda, ada yang kuat otak kiri, ada yang otak kanan, ada yang motoriknya lebih aktif ada yang pendiam," ujar Emil.   

Terkait dengan sanksi pemecatan itu, Emil mengaku sudah menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Sedangkan kasusnya sendiri saat ini masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut. 

"Per hari ini, Jumat (14/2/2020), sesuai perintah saya, Kepala Dinas sudah melakukan pemberhentian," ucapnya. 

Sebagai informasi, seorang guru SMAN 12 Bekasi menjadi viral di sosial media karena perbuatannya. Pasalnya, dalam video yang beredar tersebut ia terlihat memukuli muridnya yang terlambat datang ke sekolah. Ironisnya, pemukulan itu dilakukan di tengah lapangan dan disaksikan murid lainnya. [Kompas]