Header Ads

Media Sosial, Ladang Kebaikan di Zaman Milenial

Media Sosial, Ladang Kebaikan di Zaman Milenial

Oleh: Hajar Karimah

Media Sosial, Ladang Kebaikan di Zaman Milenial
Pada zaman milenial saat ini, pemanfaatan teknologi sudah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari dari setiap elemen masyarakat. Bila dulu yang menggunakan teknologi hanyalah orang-orang dengan tingkat ekonomi atas ,maka sekarang tidak mengenal hal tersebut karena sekarang sudah memasuki zaman revolusi industri 4.0 di mana semua kegiatan manusia berbasis teknologi.

Dampak positif dari adanya teknologi adalah semua kegiatan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Tak perlu susah-susah untuk pergi ke mana saja sekarang sudah ada aplikasi ojek berbasis online yang dapat memudahkan segala aktivitas. Tak perlu susah-susah juga untuk mengirim uang dengan jarak kirim yang jauh karena sudah ada teknologi mobile banking di mana segala transaksi keuangan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa takut ada risiko uang hilang dalam pengiriman.

Dampak Media Sosial


Selain dampak positif dari penggunaan teknologi pastinya ada juga dampak negatif yang dihasilkan, di antaranya sebuah sistem yang selalu ada kekurangan dan sewaktu-waktu bisa ada kerusakan yang terjadi karena sistem teknologi hanyalah buatan manusia yang pastinya banyak sekali kekurangan.

Contohnya adalah ketika ada pemadaman serentak yang terjadi pada daerah Jabodetabek selama kurang lebih 6 jam sudah menyebabkan kerugian pada berbagai sektor karena kebutuhan akan listrik yang sangat besar. Banyak swalayan yang memilih untuk tutup sebelum jam operasional yang seharusnya, beberapa operator juga menjadi terganggu jaringannya, yang menyebabkan tidak lancarnya komunikasi antar daerah.

Salah satu dampak dari adanya teknologi yang bisa kita rasakan manfaatnya hingga hari ini adalah media sosial yang semakin beragam fungsinya. 

Ada orang yang ingin tenar di dunia maya sehingga mengisi konten di media sosial dengan hal yang menarik untuk dibagikan kepada orang lain sehingga menjadi perbincangan banyak orang.

Hal ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin menyebarkan nilai-nilai kebaikan di zaman milenial. Sebuah cara baru menyebarkan suatu ilmu yang  bisa langsung dijangkau oleh banyak orang di tempat yang jauh sekalipun. 

Gerakan mengajak kebaikan saat ini sudah sangat banyak dilakukan dan banyak manfaat yang bisa diambil. Sekali saja menyebarkan kebaikan di media sosial, lalu orang lain akan mengikuti kebaikan tersebut, maka akan ada pahala yang tak pernah terputus dari satu kali postingan kebaikan.

Ini tentunya akan lebih bermanfaat dibandingkan ketika orang tidak memanfaatkan dengan baik adanya media sosial. Banyak yang terjebak penipuan dengan jumlah uang yang tidak sedikit, menyebarkan kabar bohong yang menimbulkan keresahan, membagikan gambar atau video yang tidak patut, dlsb.

Sebaiknya kita semua sebagai Generasi Muda Islami dapat menggunakan dengan sebaik mungkin fasilitas yang ada sebagai sarana menyebarkan kebaikan sehingga nilai-nilai Islam semakin menyebar luas di bumi Allah ini.