Header Ads

Kali Ulu Meluap, Warga Desa Karangharja Kebanjiran

Kali Ulu Meluap, Warga Desa Karangharja Kebanjiran

Sabtu sore, 1 Februari 2020, warga di Desa Karangharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi kembali didatangi banjir setinggi 1,4 meter merendam permukiman akibat meluapnya aliran sungai Kali Ulu.

Diperkirakan sebanyak 350 rumah penduduk terdampak, di antaranya di RT 2 RW 1 dengan ketinggian mulai 30-100 sentimeter, sedangkan di RT 4 RW 2 ketinggian banjir mulai 50-140 sentimeter.

"1 pebruari 2020, tepat hari Sabtu pagi hujan turun terus menerus mengakibatkan air meluap di kp Kali Ulu, baru saja awal Januari 2020 kita dilanda banjir, hari ini sudah banjir lagi ada apa dan kenapa? Itu jadi PR kita semua," tulis akun Muhammad Hasan Basri Nudin pada Sabtu sore, 1 Februari 2020 pukul 16:30 WIB.

Dikutip dari Berita Cikarang, Koordinator URC BPBD Kabupaten Bekasi, Budi Sutrisno mengkonfirmasi hal itu. Tim URC BPBD Kabupaten Bekasi telah terjun ke lokasi untuk membantu mengevakuasi warga yang terjebak di dalam rumah.

“Sejak sore tadi, Tim URC BPBD Kabupaten Bekasi sudah bergerak ke lokasi untuk membantu mengevakuasi warga,” kata dia.

Air dari Kali Ulu yang berada di sana meluap mulai pukul 17.40 WIB. Petugas BPBD setelah menerima laporan segera menuju ke lokasi untuk melakukan pendataan dan evakuasi terhadap korban banjir. Informasi terakhir telah dilakukan asesmen dan evakuasi warga oleh Tim BPBD.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hampir seharian melanda wilayah itu. Hal ini menyebabkan debit Kali Ulu di sana meningkat dan meluap ke pemukiman warga.

Wilayah lain yang terdampak selain Desa Karangharja yakni pemukiman warga yang berada di Kp. Kali Ulu, RT 04/02 Desa Tanjung Sari, Kecamatan Cikarang Utara. Di lokasi ini, banjir merendam sejumlah rumah milik warga dengan ketinggian berkisar 40 – 100 cm sejak Sabtu (1/2).