Header Ads

BNPB: Banjir Jabodetabek Sebabkan 9 Korban Jiwa

BNPB: Banjir Jabodetabek Sebabkan 9 Korban Jiwa

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat sembilan korban jiwa akibat bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya pada minggu ini. Sembilan korban itu tersebar di beberapa wilayah seperti wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi.

Berikut adalah nama-nama korban tewas dalam banjir yang terjadi pada Selasa (25/2) hingga Kamis ini di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Di DKI Jakarta terdapat tiga korban jiwa, yakni Sultan (15), Asnati (67), dan Agus Wijayanto (15). 

"Di kota Bekasi (korban bernama) Muhamad Jamil (10), Faizin (51), Faisal Amri (25), Muhammad Khairil Amri (15)," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis, Kamis (27/2/2020). 

"Sementara untuk kota Tangerang Selatan terdapat dua korban jiwa, (yaitu) Desta (12 ), dan Nazar," kata Agus. 

Selain itu, berdasarkan data per 27 Februari 2020, Pusdalops BPBD Kabupaten Bekasi melaporkan banjir di wilayahnya berdampak terhadap 4.889 kepala keluarga (KK) atau 11.357 jiwa. 

Ketinggian banjir beragam dari 20 sentimeter hingga 150 sentimeter. BPBD setempat dan instansi terkait telah melakukan upaya penanganan darurat, seperti evakuasi para korban banjir. Sementara Pusdalops BPBD Kota Bekasi mencatat jumlah warganya yang mengungsi sebanyak 16.173 KK (48.732 jiwa).

BPBD Kota Bekasi juga mendata setidaknya ada lima titik longsor di wilayah itu, yaitu di Kecamatan Jati Sampurna 4 titik dan Bekasi Utara 1 titik.