Header Ads

Warga Gabus Pabrik Dan DKM Masjid Jami'e Nurul Huda Gelar Sholat Gerhana Matahari ( Khusuf)

Wajahbekasi. Com,  Jama'ah masjid Nurul Huda kampung gabus pabrik Desa Sriamur Kecamatan Tambun Utara adakan sholat  sholat Gerhana Matahari (Salat Kusuf), Kamis (26/12/2019).
Selain Anjuran sesuai surat Kementerian Agama Republik Indonesia, agar dilaksanakan salat dua rakaat tersebut secara serentak saat terjadinya gerhana. “Ketua DKM Masjid Nurul Huda  sudah membuat edaran dan Pengumuman melalui Speaker dari musholah-Musholah sekitar Sriamur .
Selaku ketua DKM Masjid Nurul Huda  Ustad H Ru'yan Di dampingi Ustadz H Idris Irin,  Ustadz Adi wijaya Dan Ustadz H Edi Junaidi Mengatakan Ada beberapa hikmah di balik fenomena alam gerhana matahari atau bulan. Mengutip buku Meneladani Shalat-Shalat Sunnah Rasulullah karya Muhammad bin Umar bin Salim Bazmul, diceritakan dari riwayat Aisyah, bahwa pada masa Rasulullah SAW pernah pula terjadi gerhana matahari. Kemudian, dia mengerjakan shalat sunat bersama orang-orang. Beliau shalat sambil berdiri dan memanjangkan waktu berdirinya, lalu beliau rukuk dan memanjangkan pula rukuknya.
Kemudian, beliau SAW berdiri kembali (bangkit dari rukuknya) dan memanjangkan berdirinya. Hanya saja, pada rukul selanjutnya tidak terlalu panjang seperti ruku’ pertama. Kemudian, beliau bersujud dan memanjang sujudnya dan melakukannya hingga dua rakaat.
Setelah itu, Nabi menyaksikan matahari yang telah muncul kembali. Sesudah itu, beliau memberikan khutbah di depan orang banyak dan memanjatkan pujian dan sanjungan kepada Allah, Diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim, bahwasannya saat itu Nabi SAW bersabda, 
“Sesungguhnya matahari dan bulan merupakan dua (tanda) dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian seseorang dan tidak juga karena kehidupan seseorang. Oleh karena itu, jika kalian melihat hal tersebut, hendaklah kalian berdoa kepada Allah, bertakbir, shalat, dan bersedekah.”
Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa terjadinya gerhana seharusnya mampu menambah keimanan kita dengan melakukan banyak kebaikan seperti berdoa, shalat, dan bersedekah

Bertindak selaku imam sholat Merangkap Khotib kusuf di Masjid Nurul Huda adalah Ustadz.Drs H Syaifullah , Ada pun susunan acara diawali dengan Sholat Dzuhur Berjama'ah dilanjutkan, Takbir Gerhana, Sholat Sunnah Gerhana, ditutup dengan Khutbah Sholat Gerhana.

Sebelumnya Kementerian Agama Republik Indonesia mengimbau umat muslim di Indonesia untuk melakukan shalat gerhana matahari. Imbauan shalat gerhana matahari ini dikeluarkan menyusul akan terjadinya fenomena gerhana matahari cincin yang dapat disaksikan di Indonesia, Kamis (26/12/2019).
Selain tersebar di media sosial seperti Facebook dan YouTube, informasi mengenai gerhana matahari cincin telah diinformasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), baik melalui akun media sosial Twitter ataupun laman resminya. Imbauan ini juga tertuang dalam siaran pers yang disampaikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.
“Seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati gerhana matahari ini,” demikian Plh Dirjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi sebagaimana tertulis dalam keterangan yang diterima. “Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan shalat sunnah gerhana matahari atau yang disebut Salat Kusuf.
Pelaksanaan shalat gerhana menyesuaikan dengan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing. Awal gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 10.34 WIB, puncak gerhana pada pukul 12.17 WIB, dan akhir gerhana pada pukul 14.00 WIB. Kementerian Agama juga menjelaskan tata cara shalat gerhana matahari. (Red)