Header Ads

Mahasiswa UBSI Laksanakan Pelatihan Public Speaking di Cinong Bekasi

Mahasiswa BSI Laksanakan Pelatihan Public Speaking di Cinong Bekasi

Kemampuan public speaking diperlukan bukan saja untuk menjadi pembawa acara atau MC, tapi juga diperlukan oleh para pemuda umumnya agar dapat menunjang kegiatan-kegiatan aktivitas sosialnya.

Dengan dasar pemikiran seperti itulah Himpunan Mahasiswa Humas - Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI dari berbagai kampus pada hari Minggu pagi 8 Desember 2019 melaksanakan pengabdian masyarakat berupa Pelatihan Public Speaking Untuk Pemula kepada anggota Perguruan Silat Cinong Bekasi dan masyarakat umum di sekitar lokasi perguruan.

Dalam sambutan pembukaan, Pelda Karma Adiwijaya (49) Babinsa Babelan Kota selaku pembina PS Cinong Bekasi mengucapkan terima kasih atas kesediaan para mahasiswa memberikan pengetahuan kepada warga khususnya kepada anggota PS Cinong Bekasi.

"Saya berharap dengan pelatihan public speaking ini anggota Cinong dan peserta lainnya dapat belajar sebanyak-banyaknya agar menjadi bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat," ungkap Pelda Karma menyemangati hadirin.
Mahasiswa BSI Laksanakan Pelatihan Public Speaking di Cinong Bekasi

Pelatihan Public Speaking ini menghadirkan Adi Murtiadi M.I.Kom. yang merupakan praktisi humas dan juga dosen dari Fak Komunikasi & Bahasa Univ BSI dengan dihadiri juga oleh Komunitas OTU Chat Babelan dan lain-lain. Dalam materinya Adi menyampaikan kemampuan publik speaking juga berhubungan erat dengan rasa percaya diri, selain perlu banyak belajar, kemampuan publik speaking juga membutuhkan latihan.

"Kita dapat latihan public speaking di depan cermin, melatih artikulasi, pengucapan kata yang tegas agar hadirin dapat mendengar dengan jelas apa yang kita ucapkan" ungkap dosen yang tinggal di Jatiasih Bekasi ini.

Pada sesi praktek 5 orang perwakilan peserta maju satu per satu ke depan dan berlatih berbicara di depan hadirin dengan dipandu pemateri. Dari penampilan tersebut disampaikan juga sedikit evaluasi mengenai kalimat pembuka dan penutup, gestur tubuh dan lainnya.
Mahasiswa BSI Laksanakan Pelatihan Public Speaking di Cinong Bekasi

Acara ditutup secara simbolis dengan penyerahan sertifikat atas kerjasama dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat dari Himpunan Mahasiswa Humas UBSI kepada PS Cinong Bekasi.

Yel yel "Kuliah... BSI aja!" kembali terdengar mengisi 

Jamaludin selaku ketua PS Cinong Bekasi menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar kerjasama dan silaturahmi yang sudah terjalin dapat selalu terjaga.

"Kami sangat bersyukur ada mahasiswa yang mau berbagi pengetahuan kepada kami, mohon maaf atas segala kekurangan dan kami berharap apa yang sudah dilakukan oleh para mahasiswa ini berguna bagi kami semua, amiin" ungkap Jamaludin.


Reporter: Coki
Foto: Aditya