Header Ads

IPSI KOTA BEKASI DAN PERTHI ADAKAN PELATIHAN PENANGANAN CEDERA ATLIT

Wajahbekasi. Com Cedera yang kerap melanda olah ragawan ternyata tidak selalu berkaitan dengan masalah medis. Tidak sedikit kasus cedera serius dialami atlet .

Supriyadi  salah seorang Tabib PERTHI ( Persatuan Tabib dan Herbalis Indonesia) Menurutnya, salah satu faktor yang menghambat lahirnya atlet berprestasi di Indonesia adalah cedera. "Sebab, banyak kasus cedera yang menimpa atlet-atlet muda tidak tertangani dengan baik sehingga berakibat fatal dan memutus karir atlet tersebut. 

Uniknya, permasalahan cedera yang tidak tertangani dengan baik itu, kebanyakan  dari aspek medis. Faktor lain seperti , kebijakan, sosial dan ekonomi yang menyebabkan atlet tidak dapat mengatasi cederanya untuk mengembalikan kondisi fisiknya seperti semula," tambahnya. 

"Selain pengobatan medis kita mendorong para atlet menggunakan juga metode  pengobatan tradisional untuk mengobati cederanya ketimbang terpaku kepada pengobatan medis. Ini karena budaya dari keluarga mereka atau menganggap pengobatan medis itu merupakan pilihan yang lebih gampang ," ujar Cing upay nama sapaan akrab beliau. 
Berdasarkan hasil penelitiannya Kemenpora  yang dilakukan pada atlet-atlet di empat provinsi di Indonesia, sebagian besar atau 69 persen memilih pengobatan tradisional. Hanya 22 persen yang memilih pengobatan ke Puskesmas, sementara hanya 9 persen yang ke rumah sakit. 

Selain itu, tingkat keterlibatan pelatih dan wasit dalam menangani cedera yang terjadi juga sangat minim. Akibatnya, tidak sedikit atlet yang mengalami cedera serius, bahkan mengakibatkan cacat sehingga tidak bisa lagi menjalani aktivitasnya sebagai atlet.



Ketua IPSI Kota Bekasi Rahmat Malik menjelaskan, untuk itu perlu sosialisasi penanganan cedera pada atlet, terutama atlet-atlet di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar dan perguruan serta padepokan khususnya pencak silat  sebagai cikal bakal atlet berprestasi .


Lebih lanjut rahmat malik mengatakan "kita akan membuka pelatihan bagi perguruan silat yang ada di kota bekasi  dan juga mengajak cabang olahraga lainnya, Sosialisasi dan pelatihan Rehabilitasi Cedera Olah Ragawan  ini diharapkan bisa memberikan solusi bagi para atlet yang mengalami cedera agar dapat ditangani dengan baik. . ( red)


Tidak ada komentar