Header Ads

Ketua Trend RK Kota Bekasi: Qurban Bermakna Memotong Sifat Kebinatangan

Gus Eri Mutawalli 
Ketua Pesantren Pendukung Ridwan Kamil (Trend RK) Kota Bekasi, Gus Eri Mutawalli menyembelih 2 ekor sapi dan 2 ekor di momen Idul Adha 1440 H, Sapi dan kambing disembelih di kantor Pondok Pesantren Annur, Kota Bekasi.

Daging sapi yang sudah dipotong itu, akan dibagikan kepada masyarakat sekitar yang berhak menerimanya serta santri Ponpes Annur. Seluruh anggota Trend RK turut bahu membahu dan bergotong royong dalam kegiatan tesebut.

Ketua Trend RK Kota Bekasi, Gus Eri Mutawali mengatakan Hari Raya Iduladha memiliki makna penting dan mengajak seluruh umat muslim di Kota Bekasi untuk terus meningkatkan takwa dan beriman kepada Allah SWT. Iduladha merupakan salah satu momen bagi umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan serta siap berqurban di jalan Allh SWT.

“Berqurban dan berbagi kepada masyarakat tentunya menjadi salah satu bagian keimanan serta ketakwaan umat muslim," ujarnya termasuk dalam kegiatan berkurban saat hari raya Iduladha ini.

“Hakekat qurban adalah salah satu bukti rasa taqwa kepada Allah SWT, itu yang pertama, yang kedua sebagai bukti kepedulian atau kepekaan sosial kepada sesama dan yang ketiga simbol untuk menghilangkan sifat-sifat buruk yang ada pada diri manusia seperti sifat tamak, sombong dan sebagainya,” kata Gus Eri.

Gus Eri menegaskan dengan menyembelih hewan qurban bisa dimaknai seluruh sifat-sifat kebinatangan, keserakahan, kemunafikan, kerakusan, ketidakadilan, kedholiman harus potong, disembelih, dikuasai sehingga manusia bisa mempunyai sifat-sifat yang mulia dan bisa memberikan manfaat bagi sesama.

Ia kemudian mengutip sebuah hadist tentang sanksi bagi orang yang tidak mau berqurban pada hal mempunyai kelapangan rezeki. 

“Barangsiapa yang mempunyai kelapangan harta kemudian tidak berkurban maka jangan mendekat-dekat lapangan tempat kami shalat. Bagi yang tidak berqurban tahun ini, semoga tahun depan dapat berqurban,” ujar Gus Eri. (GUN)



Tidak ada komentar